Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memasukkan Kartu ATM BRI yang Benar dan Aman

Kompas.com - 29/10/2023, 20:46 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - cara memasukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM mungkin tampak sepele bagi sebagian orang. Tapi rupanya, banyak orang yang belum memahami cara memasukkan ATM BRI yang benar dan aman.

Pengetahuan cara memasukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM bisa dibilang sangat penting. Sebab kita salah memasukan kartu debit, maka ada kemungkinan kartu akan tertelan atau sulit keluar.

Sebagai informasi saja, fungsi kartu debit sangat penting, terutama untuk menarik uang tunai dari mesin ATM. Kartu ini juga dipakai untuj beragam transaksi pembayaran di mesin EDC.

Baca juga: 5 Cara Cek Saldo ATM BRI Praktis Antiribet, Bisa dari HP

Cara memasukkan kartu ATM BRI

Nah berikut ini tahapan demi tahapan cara memasukkan ATM BRI yang benar dan aman:

  1. Saat Anda berada di depan mesin ATM, posisi kartu debit tidak boleh salah, yakni garis pita hitam harus ditempatkan di bawah. Sementara untuk chip kartu harus berada di atas.
  2. Pada bagian atas kartu, gambar logo Bank harus berada di posisi depan. Sementara bagian atas kartu ATM yang terdapat chip harus dimasukkan terlebih dahulu.
  3. Jika posisi ini sudah sesuai, Anda bisa memasukan kartu ke dalam mesin ATM.
  4. Lanjutkan transaksi di mesin ATM dengan memasukan PIN.

Yang jadi catatan, bila posisi kartu ATM Anda salah, misalkan saja bagian chipnya malah di bagian bawah, kartu Anda bisa ditolak, dalam kasus yang lebih buruk, kartu Anda bisa tertelan.

Baca juga: Cara Top Up DANA Lewat ATM BRI dan BRImo Paling Gampang

Mengenal kartu ATM BRI

Setiap kartu ATM BRI memiliki nomor kartu. Nomor kartu ATM atau nomor kartu debit BRI sendiri memang dibutuhkan ketika seorang nasabah ingin melakukan transaksi, terutama transaksi pembayaran online.

Oleh karena itu, nasabah diminta untuk merahasiakan nomor kartu debit BRI dari siapa pun. Karena bila nomor kartu ATM BRI disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, rawan terjadi pembobolan uang pada rekening tersebut.

Namun demikian, meski cukup penting, masih banyak orang yang belum mengetahui di mana letak Nomor kartu ATM atau nomor kartu debit BRI. Sebagaimana diketahui, setiap kartu ATM yang dikeluarkan bank memiliki 16 digit nomor.

Yang harus diketahui nasabah, nomor kartu ATM BRI atau nomor kartu debit BRI berbeda dengan nomor rekening.

Baca juga: Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BRI Pakai HP Paling Gampang

Nomor kartu ATM BRI juga memiliki kadaluarsa atau batas akhir masa berlaku. Apabila ternyata sudah melampaui batas tanggal, biasanya kartu ATM sudah tidak bisa digunakan.

Sehingga nasabah harus datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat untuk menggantinya dengan yang baru.

Ternyata nomor pada kartu ATM BRI ini berfungsi sebagai penunjuk identitas kartu. Dua digit pertama nomor kartu debit BRI yakni bermakna kode switching yang digunakan.

Misalnya apabila nomor kartu ATM BRI berawalan 4, maka artinya kartu debit tersebut menggunakan jaringan Visa. Sementara apabila nomor kartu debit BRI berawalan 5, maka menunjukan kartu tersebut menggunakan jaringan MasterCard.

Lalu lima digit setelah digit pertama nomor kartu debit BRI adalah identitas dari bank yang menerbitkan kartu. Berikutnya sembilan digit nomor kartu ATM BRI seterusnya menunjukkan identitas sang pemilik kartu.

Itulah informasi seputar cara memasukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM. Semoga bisa membantu.

Nasabah BRI harus memahami cara memasukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM.Muhammad Idris/Money.kompas.com Nasabah BRI harus memahami cara memasukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM.

Baca juga: 7 Limit Transfer BRI Berdasarkan Jenis Kartu ATM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com