Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPWT Raup Laba Bersih Rp 104 Miliar pada Kuartal III-2023

Kompas.com - 02/11/2023, 12:14 WIB
Erlangga Djumena

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT) membukukan laba bersih Rp 104 miliar pada Kuartal III-2023, dibandingkan rugi Rp 15 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Utama BWPT Henderi Djunaidi mengatakan, capaian tersebut merupakan buah konsistensi pihakny dalam penerapan praktik agronomi yang baik sehingga mampu bertahan dalam kondisi El-Nino.

Dia menyebutkan, meski sebagian besar tren produksi di perkebunan sawit mengalami penurunan, namun pihaknya bisa menjaga produksi kebun sawit tetap stabil serta volume penjualan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan inti kelapa sawit (palm kernel/PK) mengalami peningkatan.

Baca juga: Kuartal III-2023, Telkom Raup Cuan Rp 19,65 Triliun

“Volume penjualan CPO tercatat mengalami peningkatan sebesar 8 persen, naik dari 242.376 MT menjadi 260.711 MT YoY, sedangkan penjualan PK meningkat sebesar 4 persen, dari 44.133 MT menjadi 46.009 MT dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.” ujar Henderi dalam siaran pers, Kamis (2/11/2023).

BWPT meraup laba bersih Rp 104 miliar jika dibandingkan dengan kerugian sebesar Rp 15 miliar di tahun sebelumnya.

Sementara itu, gross profit margin dan operating margin Perseroan mengalami peningkatan sebesar 3 persen meskipun pendapatan mengalami penurunan 6 persen yang disebabkan oleh penurunan rata-rata harga pasar CPO dan PK yang signifikan di Kuartal III-2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Hal ini merupakan hasil dari peningkatan produktivitas tanaman karena penerapan praktik agronomi yang baik serta efisiensi biaya," sebutnya.

Menurut dia, pencapaian di Kuartal III tahun 2023 ini searah dengan target pertumbuhan double digit, yang sudah menjadi tradisi tahunan BWPT. Seluruh capaian di Kuartal III serta beragam program berkelanjutan, membuktikan konsistensi BWPT teruji.

“Melihat capaian hingga Kuartal III tahun ini, BWPT optimis akan dapat melanjutkan tren pertumbuhan double digit secara finansial dan operasional di tahun 2023,” kata Henderi.

Di sisi lain, BWPT menambah 1 sertifikasi RSPO di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Kalimantan Timur. Selain itu, pihanyka juga telah menandatangani MoU dengan anak perusahaan PT ABM Investama terkait kerjasama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) yang ditargetkan untuk beroperasi tahun 2025. "Ini adalah bentuk nyata komitmen Perseroan terhadap inisiatif ESG," tambahnya.

Baca juga: Laba Bersih Emiten Batu Bara Boy Thohir Turun 36,31 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com