Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lippo Mall Indonesia Mulai Renovasi Plaza Semanggi

Kompas.com - 02/11/2023, 13:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses renovasi mal Plaza Semanggi dimulai pada Rabu (1/11/2023). Proses renovasi Plaza Semanggi rencananya dilakukan secara bertahap.

Renovasi ini merupakan bagian dari strategi dan perencanaan PT Lippo Mall Indonesia (LMI) selaku pengelola untuk meningkatkan nilai mal dan juga mempercepat pertumbuhan sektor bisnis ritel yang melambat akibat pandemi.

Dengan mempertimbangkan lokasi mal yang strategis di jantung kota Jakarta dan kedekatannya dengan berbagai moda transportasi, LMI meyakini Plaza Semanggi akan memainkan peran penting dalam membentuk kancah ritel di Jakarta setelah renovasi selesai.

Baca juga: Plaza Semanggi Disebut Nyaris Mati, Pengelola: Kami Masih Berjuang

Kondisi Plaza Semanggi, Rabu (26/7/2023) Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Kondisi Plaza Semanggi, Rabu (26/7/2023)

Dengan perbaikan ini, LMI bakal menjadikan Plaza Semanggi tidak hanya sebagai tempat belanja, tetapi juga sebagai pusat budaya dan sosial bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Renovasi ini dimulai setelah LMI melalui proses yang cukup panjang, di antaranya adalah kepemilikan gedung yang merupakan bagian dari Legiun Veteran RI, sehingga diperlukan perencanaan, koordinasi dan perijinan untuk memasuki tahapan renovasi ini.

Selain hal tersebut perencanaan renovasi juga melalu proses koordinasi terkait dengan kondisi Plaza Semanggi yang sebagian besar unitnya disewa dan dioperasikan oleh penyewa masing-masing dengan konsep long lease (sewa dengan jangka panjang).

Dengan demikian, perlu dilakukan tahapan dengan melakukan lease back dan atau mengambil alih sewa dari beberapa unit yang telah tersewa sebelumnya.

Baca juga: Plaza Semanggi Sepi Pengunjung, Ini Kata Lippo

Project Director PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) Deborah Rosanti menyatakan, LMI sangat antusias untuk memperkenalkan Plaza Semanggi yang baru dan lebih baik kepada publik, selama proses renovasi berlangsung LMI memastikan tidak akan ada gangguan terhadap operasional bisnis yang sedang berlangsung dan mengambil setiap langkah untuk memastikan keamanan pengunjung dan penyewa.

"Renovasi dilakukan secara menyeluruh dan The Plaza Semanggi akan tampil dengan perubahan total dari lantai Lower Ground (LG) sampai rooftop dan fasad gedung yang akan mengalami perubahan," kata Deborah dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com