Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Menaker Dampingi Presiden Jokowi Lakukan Groundbreaking Kantor BPJS Ketenagakerjaan di IKN

Kompas.com - 02/11/2023, 20:33 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (2/11/2023).

Jokowi mengatakan, berbagai fasilitas pelayanan masyarakat telah mulai dibangun di IKN, seperti hotel, sekolah, pusat pelatihan sepak bola, dan rumah sakit (rs).

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam rangka menjawab kekhawatiran masyarakat yang ingin tinggal di IKN.

Baca juga: Tawarkan Tanah IKN ke Investor Rp 1 Juta, Jokowi: Mungkin Minggu Depan Sudah Naik

"Dan hari ini, Kamis (2/11/2023), kita kembali melakukan peletakan batu pertama groundbreaking untuk pembangunan Kantor BPJS Ketenagakerjaan di IKN. Ini akan menambah fasilitas layanan yang ada di IKN,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Selain itu, lanjut Jokowi, pembangunan bandara, kantor Bank Indonesia (BI), dan mal juga sudah dimulai. Semua pembangan ini juga didukung dengan akses tol.

Baca juga: Imbas Pembangunan Tol Semarang-Demak, Flyover Kaligawe Semarang Bakal Rampung Sebelum Libur Nataru

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (2/11/2023).
DOK. Humas Kemenaker Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (2/11/2023).

Ia mengungkapkan bahwa keberadaan Kantor BPJS Ketenagakerjaan akan menambah lengkap fasilitas pelayanan masyarakat di IKN.

"Menambah keyakinan masyarakat agar tidak ragu-ragu lagi tinggal di IKN karena sudah ada perlindungan jaminan sosial (jamsos) dari BPJS Ketenagakerjaan," ucap Jokowi.

Ia menegaskan bahwa perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan (jamsostek) penting agar pekerja terlindungi dari berbagai risiko, baik sosial maupun ekonomi.

Baca juga: Perang Israel-Hamas dan Pengaruhnya ke Ekonomi Arab Saudi

Apalagi, kata Jokowi, saat ini di IKN sedang berlangsung banyak kegiatan pembangunan yang dilakukan secara serentak di berbagai proyek dengan melibatkan banyak tenaga kerja.

"Pak Direktur Utama (Dirut) BPJS Ketenagakerjaan (Anggoro Eko Cahyo) berbisik ke saya, 'Pak yang bekerja di Nusantara sudah masuk ke BPJS Ketenagakerjaan semuanya’. Saya kira sangat bagus. Kita tidak berharap ada kecelakaan, tetapi kalau ada sudah ada yang melindunginya yaitu BPJS Ketenagakerjaan," imbuhnya.

Selain Menaker Ida, dalam groundbreaking tersebut Jokowi juga didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Dirut BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo, Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik, dan Pj Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com