Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIMB Niaga Salurkan Kredit Rp 24,1 Triliun ke UMKM sampai September 2023

Kompas.com - 08/11/2023, 16:11 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) telah menyalurkan kredit kepada pelaku UMKM senilai Rp 24,1 triliun sampai September 2023.

Jumlah tersebut tumbuh 8,2 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jumlah penyaluran pembiayaan ke UMKM telah mencapai 20 persen dari total portofolio kredit CIMB Niaga.

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo mengatakan, pihaknya menargetkan penyaluran pembiayaan ke UMKM dapat mencapai sekitar 30 persen dari total portofolio.

"Bahkan kalau bisa lebih ya. Itu satu angka yang ingin kami kejar sesuai anjuran pemerintah," kata dia dalam konferensi pers, Rabu (8/11/2023).

Baca juga: Mendag Zulhas Dukung Akselerasi Ekosistem Digital Sehat UMKM

Ia menambahkan, CIMB Niaga menargetkan pembiayaan ke UMKM dapat bertumbuh lebih dari 10 persen sampai akhir tahun. Secara nominal, kredit ke UMKM dibidik dapat melampaui Rp 25 triliun.

Adapun, salah satu usaha yang dilakukan CIMB Niaga untuk menggarap segmen pengusaha yang lebih kecil adalah dengan bekerja sama dengan fintech peer-to-peer lending. Hal tersebut dapat mendorong porsi pembiayaan ke UMKM dapat bertumbuh.

"Para pelaku fintech ini bukan kompetisi bank, kami percaya inklusi supaya lebih banyak masyarakat dan usaha kecil mendapatkan akses perbankan," imbuh dia.

Tony mengatakan, CIMB Niaga berusaha terus menumbuhkan kredit ke UMKM di tengah tantangan ekonomi seperti tingginya suku bunga.

Adapun pembiayaan UMKM CIMB Niaga menyasar berbagai sektor seperti ritel, perdagangan, dan sektor rantai pasok (supply chain).

Sebagai catatan, nasabah perempuan yang memiliki bisnis hijau atau memikirkan aspek keberlanjutan akan mendapatkan bunga yang lebih rendah. CIMB Niaga juga berharap UMKM lain dapat fokus pada keberlanjutan (sustainability).

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oie menuturkan, pihaknya akan mengadakan talkshow dan pameran produk lokal dari pelaku UMKM yang fokus terhadap keberlanjutan dalam acara Kejar Mimpi Actination. Acara ini akan akan menghadirkan acara talkshow, workshop, promo eksklusif, dan pertunjukan musik.

"Kesempatan ini kami berikan sebagai wujud dukungan untuk UMKM sekaligus mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan dan menjaga lingkungan," tandas dia.

Acara Kejar Mimpi Actination akan dilaksanakan di Pos Bloc, Jakarta pada Sabtu 11 November 2023.

Baca juga: Perkuat Identitas sebagai Bank Digital dari BRI Group, Bank Raya Ubah Logonya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com