Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Pemegang Saham Mayoritas, MIND ID Bisa Pilih Dirut dan Komut Vale Indonesia

Kompas.com - 10/11/2023, 18:39 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut Holding BUMN Pertambangan MIND ID akan menjadi pemegang saham mayoritas PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Hal ini seiring dengan disepakatinya pelepasan (divestasi) saham Vale Indonesia sebesar 14 persen ke MIND ID. Dengan kepemilikan saat ini sebesar 20 persen, maka total MIND ID akan mengantongi 34 persen saham Vale Indonesia.

"MIND ID jadi bisa 34 persen dan itu mayoritas daripada yang lain," ujar Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Baca juga: Vale Lepas 14 Persen Saham ke MIND ID, Menteri ESDM Minta Harga Spesial

Seiring dengan menjadi pemegang saham mayoritas, MIND ID pun menjadi pemegang saham pengendali Vale Indonesia. Selain itu, akan terjadi konsolidasi operasional antara Vale dan MIND ID.

Dengan demikian, nantinya jabatan Komisaris Utama (Komut) dan Direktur Utama (Dirut) akan ditetapkan oleh pihak MIND ID.

"Nanti ada board management, prinsipnya nanti Dirut dan Komut  dari pemegang yang terbesar," kata dia.

Terkait potensi penggantian Dirut Vale Indonesia, Arifin bilang, akan dilakukan ketika proses divestasi saham rampung. Adapun ditargetkan proses divestasi saham Vale Indonesia rampung di tahun ini.

"Ya begitu ini selesai (proses divestasi), kemudian dijalanin," ucapnya.

Baca juga: Vale Indonesia Bangun PLTA di Pabrik Sorowako untuk Tekan Emisi Karbon dan Biaya Operasional

Divestasi saham lanjutan Vale Indonesia dilakukan untuk memenuhi syarat perpanjangan kontrak karya yang akan berakhir di 28 Desember 2025, yakni minimal 51 persen saham dikuasai oleh pihak Indonesia.

Adapun untuk saat ini saham Vale Indonesia dipegang oleh Vale Canada Limited sebesar 43,79 persen, yang juga sebagai pengendali, dan sebesar 15,03 persen dimiliki Sumitomo Metal Mining.

Lalu sekitar 20 persen dipegang publik dengan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sementara MIND ID sendiri memiliki 20 persen saham Vale Indonesia.

Baca juga: MIND ID Jadi Pengendali Vale Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com