Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vale Lepas 14 Persen Saham ke MIND ID, Menteri ESDM Minta Harga "Spesial"

Kompas.com - 10/11/2023, 16:04 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMP

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan Holding BUMN Pertambangan MIND ID akan mengambil alih 14 persen saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Hal itu berdasarkan hasil kesepakatan dengan para pemegang saham Vale Indonesia. Nantinya, Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining bakal melepas (divestasi) sebagian saham mereka ke MIND ID.

"Jadi yang dilepas oleh Vale adalah 14 persen," ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Baca juga: MIND ID Jadi Pengendali Vale Indonesia

Terkait harga 14 persen saham yang dilepas tersebut, Arifin menyebutkan, hal itu merupakan kesepakatan antara pemegang saham secara business to business (B2B). Saat ini masih dilakukan pembahasan untuk penetapan harga.

Arifin pun meminta adanya harga 'spesial' yang diberikan Vale kepada MIND ID.

"Itu lagi ngomong berdua (antara pemegang saham), yang penting harganya harus ada special price buat kita," ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Adapun saat ini saham Vale Indonesia dipegang oleh Vale Canada Limited sebesar 43,79 persen, yang juga sebagai pengendali, dan sebesar 15,03 persen dimiliki Sumitomo Metal Mining.

Lalu sekitar 20 persen dipegang publik denga terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sementara Mind ID sendiri sudah memiliki 20 persen saham Vale Indonesia.

Maka dengan penambahan 14 persen saham dari divestasi tersebut, total MIND ID akan mengantongi 34 persen saham Vale Indonesia. Porsi ini sekaligus membuat MIND ID menjadi pemegang saham mayoritas Vale Indonesia.

"Mind ID jadi bisa 34 persen dan itu mayoritas daripada yang lain," kata Arifin.

Baca juga: Bos MIND ID Sebut Pengembangan Investasi Vale Rendah

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com