Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemda Diminta "Pelototi" Parkir Liar di Kawasan Wisata Saat Libur Natal

Kompas.com - 21/11/2023, 20:00 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Kakorlantas Polri), Firman Shantyabudi mengimbau pemerintah daerah mengatur parkir kendaraan di tempat wisata dan pasar tumpah selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Sebab menurut dia, parkir-parkir liar yang memakan hampir setengah badan jalan di kawasan wisata dan pasar tumpah menjadi salah satu faktor atau penyebab terjadinya kemacetan.

"Di daerah wisata ketidakteraturan parkir kendaraan dan di pasar tumpah juga jadi harapan kami Pemda bisa atur anggota masyarakat yang cari rezeki di akhir tahun," ujar Firman saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Baca juga: Korlantas Usul Kendaraan Sumbu 3 Tak Beroperasi Saat Libur Natal

Firman mengungkapkan, wilayah Jawa Timur merupakan provinsi yang menjadi target banyak orang untuk berlibur. Untuk itu, dia mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Jawa Timur agar bisa megamankan wilayahnya saat libur Natal dan Tahun Baru 2024.

"Kami juga harap peran daerah dalam mengamankan pelintasan sebidang bisa dioptimalkan supaya enggak terjadi lagi kecelakaan di simpang-simpang ini," katanya.

Selain itu pihaknya juga mengusulkan agar angkutan berat sumbu tiga tidak dioperasikan pada perayaan puncak Nataru 2024 agar bisa memperlancar arus mudik dan balik.

Baca juga: Sebanyak 107,63 Juta Orang Bakal Liburan Natal-Tahun Baru, Ini 5 Provinsi Tujuan Favorit

"Pada arus puncak yang diperkirakan terjadi pada 22 Desember 2023 kita harapkan angkutan berat sumbu tiga diusulkan tidak dioperasikan," katanya.

Adapun berdasarkan perkiraan Kementerian perhubungan (Kemenhub), puncak arus mudik Nataru 2024 I akan terjadi pada tanggal 22-23 Desember 2023.

Kemudian puncak arus balik I pada tanggal 26-27 Desember 2023.

Selanjutnya puncak arus mudik II diprediksi terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan puncak arus balik II pada 1-2 Januari 2024. 

Baca juga: Mulai Hari Ini 17 November Pelni Jual Tiket Libur Natal dan Tahun Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com