Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelita Air Tambah Dua Pesawat Jelang Nataru, Tambah Kapasitas 20 Persen  

Kompas.com - 21/11/2023, 21:16 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelita Air Service (Pelita Air) menambah dua pesawat baru berjenis Airbus A320. Penambahan armada tersebut bakal meningkatkan kapasitas angkut maskapai Pelita Airlebih dari 20 persen.

Penambahan armada dilakukan secara bertahap, satu armada sudah datang dengan registrasi PK-PWL, yang sekaligus menjadi pesawat ke-10. Sementara satu armada lagi atau pesawat ke-11 akan datang di minggu kedua Desember 2023.

Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan mengatakan, dengan sudah kedatangan satu pesawat, maka artinya menunjukkan kepercayaan pabrikan dan lessor pesawat terhadap pertumbuhan bisnis Pelita Air.

Baca juga: Wamen BUMN: Merger Citilink-Pelita Air Tunggu Garuda Indonesia Sehat

Pelita Air. DOK. Pelita Air Pelita Air.

"Ini tidak hanya menjadi tonggak penting dalam sejarah kami, tetapi juga mencerminkan komitmen kami untuk terus meningkatkan layanan dan pengalaman penerbangan bagi pelanggan setia kami," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/11/2023).

Lebih lanjut, ia menuturkan, dengan penambahan dua pesawat di sisa akhir tahun ini, Pelita Air akan membuka rute-rute baru dan menambah frekuensi penerbangan di rute yang sudah dilayani.

"Sehingga total tambahan kapasitas yang akan disediakan meningkat lebih dari 20 persen," imbuh Dendy.

Penambahan dua pesawat yang akan segera diintegrasikan ke dalam jaringan penerbangan Pelita Air itu, juga diyakini akan meningkatkan pelayanan perusahaan selima periode musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Baca juga: Bocoran Bos Citilink, Rencana Merger dengan Pelita Air Kemungkinan Berubah

Menurutnya, animo masyarakat cukup tinggi dalam menggunakan maskapai penerbangan Pelita Air. Hal ini tercermin dari tingkat keterisian (seat load factor) pada kuartal III-2023 sebesar 83,2 persen dan sebesar 87,1 persen pada Oktober 2023.

Hingga saat ini, secara bulan berjalan November 2023 (month to date/mtd), seat load factor Pei Air telah mencapai mencapai 88,7 persen.

"Pencapaian ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim Pelita Air serta dukungan yang luar biasa dari pelanggan kami," pungkas Dendy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com