Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkel Pesawat Pertama di Bali Mulai Dibangun, Ditarget Rampung Juli 2024

Kompas.com - 23/11/2023, 11:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan kerja sama operasional (KSO) PT Angkasa Pura Properti (APP) dan PT Avia Technics Dirgantara (FL Technics Indonesia/KSO APP-FLT) mulai membangun fasilitas bengkel pesawat (maintenance, repair, and overhaul/MRO) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Dimulainya pembangunan fasilitas MRO ini ditandai dengan groundbreaking ceremony pada Rabu (22/11/2023). Setelah pada 11 Agustus lalu dilaksanakan perjanjian kerjasama KSO APP-FLT dengan PT Angkasa Pura I (Persero) selaku induk usaha PT APP.

Groundbreaking ini juga menandai dimulainya minimum operasional kegiatan MRO melalui pemanfaatan dua hanggar eksisting Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang saat ini masing-masing dapat menampung 1 pesawat berbadan sedang atau tipe narrow-body.

Pembangunan fasilitas MRO pertama di Bali ini ditargetkan akan rampung pada Juli 2024, serta mampu melayani 6 pesawat tipe narrow body secara simultan.

Baca juga: Erick Thohir Rombak Direksi AP II, Muhammad Awaluddin Tak Lagi Jadi Dirut

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, dimulainya pembangunan fasilitas MRO di Bandara I Gusti Ngurah Rai menandai suatu milestone yang sangat signifikan dalam pengembangan portofolio bisnis perusahaan.

"Dengan kapabilitas, network, dan keahlian dari APP dan FL Technics Indonesia, kami merasa optimistis kerja sama ini akan memberikan multiplier effect yang sangat positif terhadap kinerja operasional dan layanan di AP1 secara khusus, serta terhadap ekosistem aviasi di Indonesia dalam lingkup yang lebih luas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/11/2023).

Faik menyebut, fasilitas MRO akan menjadi suatu nilai tambah layanan yang diberikan AP I sebagai pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kepada maskapai penerbangan sebagai salah satu mitra usaha kami yang paling strategis.

"Kami berharap, fasilitas MRO ini akan semakin meningkatkan kepercayaan stakeholder kepada AP I," kata dia.

Baca juga: AP I Layani 6 Juta Penumpang pada Oktober 2023, Naik 25 Persen

 


Direktur Utama APP Ristiyanto Eko Wibowo menyatakan, KSO ini ditujukan untuk mendukung operasional AP1 selaku induk sekaligus membuktikan fokus perusahaan dalam mendukung fasilitas penunjang pelayanan kebandarudaraan di AP I.

"Pembangunan fasilitas MRO di Bali ini juga merupakan salah satu wujud dari optimalisasi lahan induk yang diamanahkan kepada kami dan secara konsisten akan terus kami jalankan," ucap Ristiyanto.

Komitmen FL Technics

Pada kesempatan yang sama, Direktur FL Technics Indonesia, Martynas Grigas mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membentuk ekosistem industri penerbangan yang komprehensif, dengan memanfaatkan potensi ganda Bali sebagai pusat rekreasi dan pusat penting untuk layanan perawatan pesawat.

"Konektivitas dan aksesibilitas yang baik, menjadikan Denpasar sebagai perhentian penting. FL Technics Indonesia berdedikasi untuk memastikan layanan yang diberikan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh FAA dan EASA, tentunya untuk menciptakan ekosistem industri aviasi yang aman dan dapat diandalkan," tuturnya.

Martynas mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah membangun hanggar MRO pertama di Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK) pada Desember 2016 lalu. Pada 2023, FL Technics siap mendorong pertumbuhan ekosistem industri penerbangan di Pulau Dewata, Bali.

“Komitmen kami dalam menyediakan layanan MRO yang mengikuti standar internasional adalah bagian integral dari visi kami untuk membentuk ekosistem industri penerbangan yang holistik," kata Martynas.

Baca juga: Bengkel Perbaikan Pesawat Bakal Dibangun di Bandara Ahmad Yani

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com