Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Jeli Melihat Peluang Bisnis Online, Jual Barang Elektronik Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 24/11/2023, 07:21 WIB
Sri Noviyanti

Editor


KOMPAS.com – Barang elektronik menjadi salah satu produk yang paling laris dicari masyarakat dalam berbelanja online. Hal ini bisa jadi peluang bisnis dan ide menjanjikan bagi mereka yang punya minat untuk menjual produk di e-commerce sebagai tren di era digital.

Sebelumnya, data internal Tokopedia mencatat, terdapat beberapa kategori produk yang paling banyak dicari masyarakat melalui Tokopedia sepanjang semester I-2023. Beberapa kategori tersebut yakni produk fashion, olahraga dan hobi, serta elektronik.

“Selama semester I-2023, elektronik menjadi salah stau kategori produk yang paling dicari masyarakat melalui Tokopedia,” ucapnya melansir Kompas.com, Selasa (29/8/2023).

Peluang bisnis dari berjualan barang elektronik sejak dulu memang tak pernah menemui titik jenuh. Teknologi yang terus berkembang menjadikan produsen barang elektronik terus berinovasi dalam menghadirkan produk yang dibutuhkan masyarakat seiring zaman.

Hal itu diamini Direktur PT Mulia Unggul Elektrindo Steven. Ia menilai bahwa bisnis elektronik memilliki prospek yang bagus di masa depan, baik itu dilakukan secara online maupun offline.

“Inovasi yang selalu dihadirkan produsen elektronik menjadi salah satu alasan barang elektronik punya prospek cerah. Masyarakat kita (Indonesia) senang dan antusias menemukan produk yang inovatif dan memudahkan (efisiensi) urusan kehidupan mereka,” papar lelaki yang berhasil menjalankan bisnisnya selama 30 tahun.

Pilih brand tepercaya

Menyinggung era digitalisasi, sambung Steven, dirinya memiliki tip bagi para calon pebisnis elektronik berbasis digital agar memiliki progres.

“Harus konsisten. Jika menjual elektronik, ya (sebaiknya) hanya (fokus pada pemasaran) barang elektronik yang disajikan,” terangnya dalam keterangan yang diterima Kompas. Com, Jumat (24/11/2023).

Pun halnya dalam memilih brand elektronik yang akan dijual. Bagi Steven, penting untuk melihat kualitas dari brand itu sendiri.

Branding–nya harus kuat, after–sales terjamin, service center banyak. Itu indikatornya (barang elektronik laku di pasaran),” papar Steven.

Baca juga: Di Tengah Persaingan Sengit Industri Elektronik, Advance Digitals Sukses Raih Ragam Penghargaan Bergengsi

Adapun salah satu brand elektronik pilihan Steven adalah Advance Digitals. Ia percaya diri untuk ikut menjual produk keluaran Advance Digitals.

"Kami memiliki kepercayaan terhadap brand ini karena memiliki semua indikator yang saya sebutkan sebelumnya. Belum lagi, harganya affordable," jelasnya.

Rangkul mitra bisnis

Marketing Communications Manager Advance Digitals Mico Desrianto mengatakan bahwa pihaknya menghadirkan program khusus untuk merangkul mitra bisnis, yakni Master Dealer (MD) Online.

Lewat program ini, Advance Digitals membuka peluang bagi masyarakat, khususnya anak muda untuk terlibat di lini bisnisnya. Program tersebut dibuat juga sebagai bentuk kesadaran melihat peluang.

“MD Online memang bertujuan mencetak pengusaha elektronik baru berbasis online. Kami melihat peluang besar itu karena bisnis elektronik merupakan bisnis yang seksi, apalagi jika dijalankan secara online yang notabene memang sekarang eranya,” paparnya.

Baca juga: Advance Digitals Ajak Masyarakat Berbisnis, Potensi Income hingga Miliaran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com