BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Gojek

Jadi Andalan Pengguna, Aplikasi GoPay Raih Penghargaan dari Ajang Google Play Best of 2023 Award

Kompas.com - 30/11/2023, 17:01 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Aplikasi GoPay milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) menyabet penghargaan sebagai aplikasi terbaik pilihan masyarakat pada ajang Google Play Best of 2023 Award.

Pada ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Google Play itu, GoPay memenangkan dua kategori penghargaan, yaitu sebagai Aplikasi Terbaik dan Aplikasi Harian Terbaik.

Penghargaan diberikan berdasarkan hasil voting yang melibatkan masyarakat selama dua minggu, sejak Kamis (1/11/2023) hingga Selasa (14/11/2023).

Presiden Unit Fintech GoTo Hans Patuwo bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan tersebut. Ia juga berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang menyambut baik kehadiran aplikasi GoPay.

Baca juga: Baru Diluncurkan, Aplikasi GoPay Banjir Review Positif

“Kami berterima kasih kepada jutaan pengguna yang telah mengunduh dan memercayai aplikasi GoPay dalam memenuhi berbagai kebutuhan finansial. Penghargaan dari Google Play ini juga menjadi penyemangat bagi kami untuk terus memberikan akses finansial yang simpel, aman, dan bertanggung jawab bagi seluruh lapisan masyarakat sehingga siapa pun bisa mewujudkan neraca keuangan yang sehat,” ujar Hans melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (30/11/2023).

Hans melanjutkan, penghargaan itu menjadi penanda bahwa banyak pengguna telah mengandalkan aplikasi GoPay untuk pemenuhan kebutuhan finansial sehari-hari.

“Kami mempersiapkan aplikasi GoPay dengan sangat detail dan sebaik-baiknya, termasuk yang paling utama adalah mendengarkan suara pengguna untuk bisa menghadirkan aplikasi ringan yang mudah digunakan dengan berbagai fitur yang relevan bagi mereka. Kami percaya (hal) ini yang menjadikan aplikasi GoPay berhasil meraih Google Play Best of 2023 Award sebagai aplikasi terbaik dan aplikasi harian terbaik, meskipun secara resmi baru diluncurkan 4 bulan lalu,” jelas Hans.

Tak sekadar alat pembayaran

Untuk diketahui, aplikasi GoPay resmi diluncurkan pada Rabu (26/7/2023). Aplikasi ini hadir dengan ukuran yang ringan, yakni kurang dari 25 MB. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir kehabisan memori ketika menginstal aplikasi GoPay.

Aplikasi GoPay, kata Hans, dihadirkan untuk menjangkau basis konsumen yang lebih luas dan inklusif di luar platform Gojek dan Tokopedia. Aplikasi ini pun diharapkan dapat mendorong penetrasi layanan keuangan di kalangan konsumen yang memprioritaskan harga saat bertransaksi.

Tak sekadar sebagai alat pembayaran, melalui aplikasi GoPay baru yang ringan, pengguna dapat melakukan transfer, menabung, dan meminjam dalam satu aplikasi.

Baca juga: Aplikasi GoPay Resmi Meluncur, Ada Gratis Transfer sampai 100 Kali Per Bulan

“Pengguna dapat melakukan transfer gratis ke bank mana saja (sebanyak) 100 kali, pembayaran paket pulsa dan tagihan dengan lebih murah, serta pembayaran menggunakan QRIS,” papar Hans.

Tak ketinggalan, pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi GoPay untuk membayar tagihan, seperti tagihan Perusahaan Listrik Negara (PLN), perusahaan daerah air minum (PDAM), iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan cicilan Pegadaian.

Pengguna bisa pula membayar tagihan layanan publik, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan pajak daerah.

Masyarakat juga bisa membeli voucer game, berlangganan aplikasi hiburan di Google Play, serta pembayaran langganan Youtube Premium, Netflix, dan Spotify.

Selain itu, aplikasi GoPay juga dilengkapi dengan lima keamanan berlapis, serta memiliki fitur laporan keuangan yang dapat memudahkan pengguna mencatat seluruh pengeluaran secara otomatis.

Baca juga: Pertama di Indonesia, GoPay dan Bank Jago Luncurkan Tabungan Digital dengan Keunggulan E-Money

Dari total pengguna, sekitar 50 persen yang bertransaksi melalui aplikasi GoPay merupakan pengguna baru atau yang aktif kembali. Sementara, sekitar satu per empat di antaranya kemudian juga bertransaksi di Gojek atau Tokopedia.

Ke depan, GoPay akan terus berinovasi untuk menjadi aplikasi layanan keuangan yang lengkap. GoPay juga akan terus mengembangkan produk yang relevan sehingga dapat membantu mewujudkan neraca keuangan yang sehat bagi pengguna.

Untuk mengunduh aplikasi GoPay, silakan klik tautan ini.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com