Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di COP 28 Dubai, Bos MedcoEnergi Ungkap Mulai Nonaktifkan Bisnis Batu Bara

Kompas.com - 30/11/2023, 21:41 WIB
Aprillia Ika

Editor

DUBAI, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) Hilmi Panigoro menyampaikan empat strategi bisnis keberlanjutannya dalam ajang United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) Conference of the Parties (COP) ke-28 di Dubai, Uni Emirate Arab, Kamis (30/11/2023).

Empat strategi tersebut disampaikan Hilmi dalam forum diskusi tentang akselerasi pengurangan emisi karbon di Paviliun Indonesia, pada ajang COP tersebut bersama Dirut Pertamina Nicke Widyawati.

Strategi bisnis tersebut juga dalam rangka membantu pemerintah mencapai Net Zero Emission pada 2060.

Baca juga: MedcoEnergi Bukukan Pendapatan 1,66 Miliar Dollar AS per Kuartal III-2023

Berikut empat strategi bisnis MedcoEnergi tersebut.

1. Menerapkan teknologi tercanggih dan terkini di setiap operasi Perusahaan, termasuk desain operasi produksi selalu berusaha meminimalkan jejak CO2.

2. Secara sukarela bertahap menonaktifkan operasi tambang dari batu bara dan menggantinya dengan kombinasi gas, solar dan angin.

Hal ini lantaran MedcoEnergi adalah salah satu dari perusahaan di Indonesia yang saat ini operasi tambangnya didukung batu bara dan solar.

"Kami secara sukarela bertahap menonaktifkannya dan menggantinya dengan kombinasi gas, solar dan angin yang akan terjadi sebelum akhir 2025," kata Hilmi melalui keterangan pers, Kamis (30/11/2023).

Baca juga: MedcoEnergi Umumkan Laba Bersih 119 Juta Dollar AS Semester I 2023

3. Melakukan join studi dan riset dengan perusahaan-perusahaan multinasional dan instansi pemerintah dalam hidrogen dan CCS.

4. Melalui Medco Power Indonesia, MedcoEnergi fokus pada energi bersih dan terbarukan. Oleh karena itu, ketenagalistrikan MedcoEnergi saat ini menggunakan gas sebagai transisi dan sedang menghasilkan dan mengembangkan tenaga surya dan panas bumi.

Selanjutnya, MedcoEnergi berpartisipasi pada COP28 sebagai rapat tahunan dari Perserikatan Bangsa Bangsa dalam membahas isu iklim untuk menunjukkan keseriusan MedcoEnergi dalam upaya menyelamatkan lingkungan yang terancam oleh pemanasan global.

Baca juga: Medco Ungkap Strategi Menjalankan Trilema Energi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com