Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bitcoin Sentuh Rekor Tertinggi, Bagaimana Prospek ke Depan?

Kompas.com - 05/12/2023, 06:08 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga Bitcoin (BTC) mencetak rekor dengan melaju di atas 41.000 dollar AS di tengah ekspektasi penurunan suku bunga.

Trader Tokocrypto Fyqieh Fachrur melihat, secara teknikal BTC mengalami breakout signifikan dari pola ascending triangle sejak akhir pekan lalu yang mendorong kenaikan harganya.

"Saat ini, BTC masih memiliki potensi untuk melanjutkan penguatannya ke level resistance berikutnya di 42.000 dollar AS, asalkan mampu menjaga level support kunci di 40.000 dollar AS," ujarnya, dikutip dari Kontan.co.id, Senin (4/12/2023).

Baca juga: Simak Strategi Investasi Aset Kripto Saat Bitcoin dalam Tren Bearish

Namun, ia mengingatkan, jika harga BTC turun di bawah level 40.000 dollar AS maka ada potensi penurunan terbatas ke kisaran 39.400 dollar AS.

Meski begitu, indikator Stochastic saat ini menunjukkan kenaikan dan memasuki zona overbought, sementara histogram MACD menunjukkan momentum bullish yang memperkuat keyakinan bahwa tren positif dapat berlanjut.

"Dengan level support di 40.000 dollar AS dan resistance di 42.000 dollar AS, para trader dan investor akan mengikuti perkembangan harga BTC dengan cermat dalam beberapa hari mendatang," sambungnya.

Menurut Fyqieh, selain ekspektasi penurunan suku bunga, reli saat ini juga didorong oleh beberapa faktor yang mencakup diskusi tentang Exchange-Traded Fund (ETF) dan mendekatnya peristiwa Bitcoin halving.

Namun, para pelaku pasar diingatkan untuk tetap berhati-hati terhadap potensi aksi jual setelah reaksi awal terhadap kenaikan tersebut. Tren penjualan pasca-peristiwa sering terlihat di pasar kripto, yang sesuai dengan pepatah populer buy the rumor, sell the news.

Dalam jangka pendek, Fyqieh menyarankan investor untuk memperhatikan data PMI jasa ISM AS dan data Non-Farm Payrolls (NFP) untuk bulan November yang akan dirilis minggu depan.

Baca juga: Jumlah Perempuan yang Jadi Investor Kripto Dinilai Harus Meningkat

Ia menyebut, jika angka NFP menunjukkan kekuatan yang signifikan, hal ini dapat memicu pembatalan taruhan atas penurunan suku bunga oleh The Fed pada tahun 2024, yang kemungkinan akan memengaruhi pergerakan harga BTC.

Dengan berbagai hal tersebut, Tokocrypto memproyeksikan harga BTC dapat mencapai 45.000 dollar AS atau sekitar Rp 696 juta pada akhir tahun 2023.

Sementara untuk awal tahun depan diperkirakan harganya berkisar antara 48.000 dollar AS atau Rp 743 juta hingga 50.000 dollar AS atau Rp 774 juta dengan pendekatan yang cermat. (Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Harga Bitcoin Cetak Rekor Tertinggi, Begini Prospeknya ke Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com