Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya Gibran soal SGIE, Cak Imin: Terus Terang Saya Enggak Paham

Kompas.com - 22/12/2023, 21:54 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabumingraka memberikan pertanyaan kepada Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin terkait peringkat Indonesia dalam State of the Global Islamic Economy (SGIE).

"Sebagai ketua umum PKB saya yakin Gus paham masalah ini bagaimana langkah gus menaikan peringkat Indonesia di SGIE?," tanya Gibran dalam Debat Cawapres di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Menanggapi hal tersebut, Cak Imin menyatakan tidak memahami apa itu SGIE.

Baca juga: Cak Imin Senggol Gibran soal Banyaknya Proyek APBN di Kota Solo

"Terus terang enggak paham, tak pernah dengar," jawab Cak Imin.

Kemudian, Gibran mengatakan, SGIE adalah State of the Global Islamic Economy terkait produk halal Indonesia yang diminati di tingkat global.

"Baik, kita fokus mengembangkan ekonomi syariah, keuangan syariah, SGIE adalah State of the Global Islamic Economy misalnya sekarang yang sudah masuk 10 besar adalah produk makanan, skin care halal. Maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya, Gus," kata Gibran.

Baca juga: Cak Imin Singgung Proyek Pusat di Solo, Gibran: Jangan Tendensius Gus

Menanggapi pernyataan Gibran, Cak Imin mengatakan, Indonesia sebagai pasar ekonomi syariah dan pariwisata halal. Namun ia menilai posisi Indonesia yang masih di bawah membutuhkan salah satunya yaitu menyiapkan seluruh regulasi agar industri halal tumbuh dengan mudah.

"Yang harus disiapkan pemerintah menyiapkan seluruh regulasi agar tumbuh kembang seluruh industri halal dan membantu sertifikasi murah terutama pada UMKM," ucap dia.

Baca juga: Muhaimin Janji Dana Desa Jadi Rp 5 Miliar, Pengamat: Sulit Terealisasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com