Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Proyek IKN yang Selesai Dibangun pada 2024

Kompas.com - 24/12/2023, 09:01 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Tahap 1 di Kalimantan Timur, rampung pada 2024.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengatakan, saat ini progres pembangunan konstruksi dasar IKN Tahap I masih sesuai rencana yakni sudah mencapai 62,65 persen.

Adapun yang dimaksud ialah proyek yang kontrak kerjanya telah dimulai sejak 2021 seperti pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara, dan Kantor Presiden.

Baca juga: Ridwan Kamil: IKN Bantu Mengatasi Persoalan Jakarta

Khusus untuk Istana Presiden dan lapangan upacara, saat ini progres konstruksinya sudah 42 persen sedangkan progres kantor Presiden sudah 66 persen.

Dia menjelaskan, beberapa infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 yakni untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan beberapa jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN.

"Untuk air bersih, tengah diselesaikan Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku. Selanjutnya juga ditargetkan penyelesaian Sistem Penyediaan Air Minum termasuk jaringan distribusinya ke beberapa kawasan di IKN pada 2024,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (24/12/2023).

Baca juga: Mahfud MD Setuju Lanjutkan IKN, Asal Pendanaan Mayoritas dari Investor

Sementara untuk konektivitas, saat ini tengah diselesaikan pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Untuk tahap pertama, kata Danis, jalan tol yang akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar 2 jam menjadi kurang dari 1 jam.

Pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan terdapat pada tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer (km), Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

Baca juga: Bantah Gibran, Mahfud MD: Belum Ada Satupun Investor yang Masuk ke IKN

Saat ini untuk progres pada Segmen 3A sebesar 48 persen, Seksi 3B sebesar 57 persen, dan Seksi 5A sebesar 67 persen. Ketiga seksi jalan tol ini ditargetkan rampung pada Juni atau Juli 2024.

Sedangkan untuk seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI, saat ini sudah dimulai dengan progres 4,8 persen. dan seksi 6B sebesar 17,5 persen.

Seksi 2 Jalan Tol IKN adalah bagian dari Tol Balsam. Sedangkan untuk di seksi 4 disiapkan pembangunan terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. Selain itu di seksi 4 juga disediakan dua lintasan satwa berupa terowongan pendek.

Baca juga: Gibran: Cak Imin Aneh, Ingin Bangun Kota Selevel Jakarta, tapi Tak Setuju IKN

"Untuk immersed tunnel saat ini masih proses lelang pekerjaan desain," kata dia.

Dia menambahkan, Kementerian PUPR juga telah memulai pembangunan IKN tahap kedua yaitu meliputi proyek-proyek yang penandatanganan kontraknya dimulai pada April-Mei 2023 seperti gedung kementerian koordinator 2 dan rumah rusun ASN IKN dengan progres saat ini sebesar 11 persen.

Dengan demikian, proyek-proyek pembangunan IKN Tahap I yang akan selesai dibangun pada 2024 sebagai berikut:

  • Jalan Tol Akses IKN tahap 1
  • Bendungan Sepaku Semoi
  • Intake Sepaku
  • Istana Negara dan lapangan upacara
  • Kantor Presiden
  • Sistem Penyediaan Air Minum dan jaringan distribusinya ke beberapa kawasan di IKN

Baca juga: Gibran Sebut Pembangunan IKN Simbol Pemerataan Pembangunan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com