Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Layani 119.883 Penumpang Sepanjang Libur Natal 23-26 Desember

Kompas.com - 28/12/2023, 10:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek mencatat jumlah penumpang selama periode libur Natal 2023 meningkat 33 persen menjadi rata-rata 29.971 penumpang per hari dari 22.523 penumpang rata-rata per hari saat akhir pekan di Desember 2023.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, secara total selama masa libur Natal pada 23-26 Desember 2023, LRT Jabodebek telah melayani 119.883 penumpang.

"KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pengguna yang telah memilih LRT Jabodebek sebagai moda transportasi ketika periode libur Natal tahun ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/12/2023).

Selama periode libur Natal ini, LRT Jabodebek berupaya memberikan pelayanan prima kepada para pengguna jasa pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Terlebih, LRT Jabodebek telah melakukan penambahan perjalanan dan waktu operasional menjelang akhir tahun nanti.

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Geliat Kereta Api di Indonesia, LRT Jabodebek hingga Kereta Cepat

LRT Jabodebek juga telah mengambil langkah-langkah komprehensif guna meningkatkan keandalan operasionalnya. Untuk menjamin kelancaran perjalanan, LRT Jabodebek telah memperkuat personelnya dengan mengerahkan petugas tambahan baik petugas frontliner maupun keamanan di stasiun-stasiun, sebagai antisipasi meningkatnya jumlah pengguna selama periode liburan.

Kehadiran petugas tersebut bertujuan untuk membantu para pengguna jasa dan menjaga kelancaran perjalanan. LRT Jabodebek juga berkoordinasi dengan pihak eksternal mulai dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, dan tokoh masyarakat setempat untuk memperkuat keamanan di area stasiun.

"KAI juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan semua stakeholders yang berperan serta menciptakan perjalanan LRT Jabodebek yang aman, lancar dan terkendali," ucapnya.

Baca juga: Viral di Medsos LRT Jabodebek Berasap, Manajemen: Bukan Kebakaran

Siaga 24 jam

Selain itu, LRT juga memprioritaskan peningkatan fasilitas di stasiun, mengingat pentingnya kenyamanan dan kemudahan pengguna. Peningkatan fasilitas ini berupa penambahan jumlah kipas penyejuk di concourse dan platform, penambahan tempat parkir sepeda, serta tempat naik turun sepeda di sepanjang tangga stasiun.

Sebagai komitmen untuk menjaga standar layanan terbaik, LRT Jabodebek juga telah melakukan pemeliharaan ekstra. Prosedur pemeliharaan yang ketat telah diterapkan untuk memastikan sarana LRT dapat beroperasi optimal, dengan mengutamakan keselamatan dan keandalan bagi pengguna.

"Khusus periode libur Natal dan Tahun Baru LRT Jabodebek mengerahkan posko petugas perawatan sarana yang siaga 24 jam serta menyiapkan alat evakuasi antisipasi situasi darurat," tuturnya.

KAI berharap dengan semakin andal dan konsistennya pelayanan LRT Jabodebek, dapat memenuhi harapan serta mengakomodir kebutuhan masyarakat akan moda transportasi yang aman, tepat waktu, dan dapat diandalkan.

KAI juga berharap dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna transportasi umum khususnya LRT Jabodebek dapat mengurangi masalah kemacetan dan polusi udara.

Baca juga: KAI Belum Berencana Tambah Armada LRT Jabodebek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com