Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral di Medsos LRT Jabodebek Berasap, Manajemen: Bukan Kebakaran

Kompas.com - 23/12/2023, 06:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video kejadian kereta LRT Jabodebek di Stasiun Halim mengalami kendala sampai mengeluarkan asap.

Video ini diunggah oleh pemilik akun X atau Twitter @gerbongbagasi pada Kamis (21/12/2023).

Dalam video yang diunggah akun tersebut disebutkan, sejak awal penumpang naik kereta LRT Jabodebek sudah tercium bau kebakar di gerbong belakang. Kemudian saat kereta sampai di stasiun selanjutnya disebutkan kereta mengalami konsleting listrik.

"Lah siang tadi kereta LRT Jabodebek mleduk di Stasiun Halim? Agak ngeri juga bisa sampai keluar asap kyk gitu," tulis pemilik akun Twitter @gerbongbagasi, Kamis.

Baca juga: KAI Belum Berencana Tambah Armada LRT Jabodebek

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono membenarkan kereta LRT Jabodebek sempat mengalami masalah pada Kamis kemarin.

Namun dia menepis kabar bahwa asap pada kereta disebabkan oleh kebakaran pada sarana kereta melainkan karena ada kendala pada sistem pengereman rangkaian kereta.

Adapun kendala terjadi pada kereta LRT Jabodebek rute Dukuh Atas-Jatimulya pada pukul 12.06 WIB di Stasiun Halim.

"Timbulnya asap seperti pada postingan tersebut bukan dikarenakan terjadinya kebakaran. Yang terjadi adalah kendala pada sistem pengereman sarana (trainset) yang tidak bisa berfungsi optimal sehingga menimbulkan asap. Asap inilah yang menyebabkan alarm kebakaran berbunyi," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (22/12/2023).

Baca juga: LRT Jabodebek Tambah Jadwal Perjalanan Selama Libur Nataru, Cek di Sini

 


Dia menyebut insiden tersebut menyebabkan 2 perjalanan LRT Jabodebek terganggu. Namun gangguan tidak terlalu berdampak pada operasional LRT Jabodebek secara keseluruhan.

"Membuat 2 perjalanan terganggu. Kebetulan karena di jam off peak, dampaknya tidak besar," kata dia.

Dia bilang, kendala pada kereta LRT Jabodebek itu bisa langsung diperbaiki dalam waktu singkat pada Kamis kemarin sehingga hari ini kereta tersebut sudah beroperasi kembali.

"Berkat kesigapan tim dari INKA dan petugas LRT Jabodebek, kendala tersebut bisa langsung tertangani dalam waktu singkat, dan perjalanan LRT Jabodebek kembali normal," tuturnya.

Kendati demikian, masalah pada kereta ini menjadi evaluasi PT KAI dan para stakeholders lainnya agar pelayanan LRT Jabodebek dapat semakin baik.

Baca juga: KAI Lobi Kemenhub Berikan Diskon Tarif LRT Jabodebek Selama Nataru

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com