Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Bakal Diresmikan Jokowi, GT Limo Ditutup Sementara

Kompas.com - 07/01/2024, 13:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal merespmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin (8/1/2024) besok.

Manajemen Jasamarga Metropolitan Tollroad menyatakan, seiring dengan persiapan pelaksanaan peresmian itu, polisi dan operator tol memberlakukan rekayasa lalu lintas.

"Sejak beroperasi melayani arus mudik dan balik pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai 22 Desember 2023 lalu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin, 8 Januari 2024 mendatang," tulis manajemen, dikutip Minggu, (8/1/2024).

Rekayasa lalu lintas dilakukan dengan penutupan sebagian dan penutupan sementara Gerbang Tol (GT) Limo di Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol di Aplikasi Google Maps

Pengaturan rekayasa dilakukan dengan rincian sebagai berikut:

1. Sabtu (6/1/2024) pukul 18.30 WIB - Minggu (7/1/2024) pukul 24.00 WIB, dilakukan penutupan sementara GT Limo Utama Ruas Tol Cinere-Jagorawi.

Pengguna jalan dari arah Bandara/Soekarno Hatta/Tangerang/Serpong dan sekitarnya yang ingin menuju Jalan Tol Jagorawi/Jalan Tol Cijago, akan diarahkan memutar di GT Limo 1.

Sementara itu, untuk pengguna dari arah Jalan Tol Jagorawi/Jalan Tol Cijago yang akan menuju Bandara/Soekarno Hatta/Tangerang/Serpong dan sekitarnya, akan diarahkan untuk memutar balik pada GT Limo 2.

Baca juga: Mengenal 7 Jalan Tol Layang di Indonesia

2. Senin (8/1/2024) mulai pukul 00.00 WIB sampai 12.00 WIB, GT Limo Utama, GT Limo 1, GT Limo 2 dan akses area Jalan Tol Cinere-Serpong Seksi 2 Pamulang-Cinere akan dilakukan penutupan sementara.

Selama penutupan sementara ini, pengguna jalan dari arah Cinere menuju Jalan Tol Cijago/Jalan Tol Jagorawi akan dialihkan keluar melalui GT Pamulang.

Sementara itu untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol Cijago/Jalan Tol Jagorawi yang akan menuju arah Cinere, akan dialihkan keluar melalui GT Krukut 4 (arah Sawangan) dan GT Krukut 5 (arah Jakarta/Antasari).

Baca juga: Panjang Jalan Tol RI 3.000 Km Akhir 2023, PUPR: Belum Cukup untuk Jadi Negara Maju


Manajemen Jasar Marga memastikan, setelah pukul 12.00 WIB, lalu lintas melalui GT Limo Utama, Limo 1 dan Limo 2 akan beroperasi normal kembali menyesuaikan situasi lalu lintas di lapangan atas diskresi Kepolisian.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami selama rekayasa lalu lintas berlangsung," tulis manajemen Jasa Marga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com