Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji Anies-Cak Imin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud di Sektor Sawit

Kompas.com - 17/01/2024, 22:41 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menawarkan program kerja kepada petani dan pengusaha sawit,

Hal itu disampaikan oleh tim pemenangan masing-masing kandidat pilpres 2024 dalam diskusi Bincang Kompas bertajuk "Urun Rembuk bersama Stakeholder Sawit Nasional" di Hotel Santika, Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Baca juga: Andalkan CPO, Turunan Nikel hingga Hasil Hutan, Mendag Targetkan Ekspor Non Migas Naik 4,5 Persen

Kompas.com merangkup program kerja yang ditawarkan oleh ketiga paslon, sebagai berikut:

Anies-Cak Imin

Tim Pemenangan Nasional calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Achmad Nur Hidayat mengatakan, pihaknya menawarkan beberapa program kerja di sektor sawit.

Achmad mengatakan, pihaknya akan menyelesaikan aspek legalitas lahan petani dengan memberikan kepastian hukum berupa sertifikat.

"Kemudian memberikan akses yang luas, mudah dan terjangkau bagi petani untuk teknologi, input produksi, dan manajemen," kata Achmad.

Achmad juga mengatakan, pihaknya ingin membangun kelembagaan petani di tingkat lokal melalui pembentuk kelompok petani dan koperasi.

Kemudian mempercepat program peremajaan perkebunan sawit rakyat dan program sertifikasi keberlanjutan ISPO, RSPO bagi perkebunan sawit rakyat.

"Terakhir meningkatkan akses petani kepada lembaga keuangan dan perbankan melalui penyediaan kredit yang mudah dan terjangkau untuk petani," ucap dia.

Baca juga: Bangun Sektor Perkebunan, Mentan Amran Tekankan Pentingnya Hilirisasi Sawit

Prabowo-Gibran

Perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Panji Irawan mengungkapkan beberapa program yang akan dilaksanakan pasangan calon nomor urut 2 jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024.

Panji mengatakan, untuk menyejahterakan para petani sawit, Prabowo-Gibran akan memastikan kepemilikan lahan bagi petani.

"Pertama, kepastian kepemilikan lahan, pak Prabowo dan pak Gibran akan mendukung untuk dapat mengakui legalitas kebun sawit terkait kawasan hutan dan sertifikasi kebun petani dengan dana sawit," kata Panji.

Panji mengatakan, Prabowo-Gibran juga akan mendukung para petani untuk masuk ke sisi hilir yaitu masuk ke Pabrik Kelapa Sawit. Hal tersebut, kata dia, dapat tercapai dengan pembentukan koperasi petani.

"Tadi kita petani enggak bisa ya koperasi dong berkumpul, berhimpun gitu, setoran masing-masing, kita bantu nanti caranya, jadi tidak hanya jual buah sawit saja," ujarnya.

Lebih lanjut, Panji mengatakan, Prabowo-Gibran mendukung pembentukan Badan Sawit Indonesia untuk menjembatani petani agar semakin berkembang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com