Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emiten Sawit Milik TP Rachmat (TAPG) Bakal Tebar Dividen Rp 1,8 Triliun

Kompas.com - 02/05/2024, 18:12 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten sawit, milik taipan Theodore Permadi Rachmat atau yang lebih dikenal dengan TP Rachmat, PT Triputra Agro Tbk (TAPG) berencana membagikan dividen sebesar Rp 1,8 triliun dari tahun buku 2023. Hal ini disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (2/5/2024).

Corporate Secretary TAPG Joni Tjeng mengatakan, dividen yang diberikan tahun ini bukan hanya dari laba bersih perseroan pada 2023 saja, tapi juga ditambah oleh saldo laba ditahan.

“RUPST menyetujui pembagian dividen senilai total Rp 1,80 triliun atau setara Rp 91 per lembar saham, nilai tersebut meningkat hingga 140 persen dibandingkan nilai dividen per lembar tahun lalu,” kata Tjeng.

Baca juga: Astra Internasional Bakal Tebar Dividen Rp 17 Triliun, Simak Rinciannya

Tjeng mengatakan, tahun lalu perusahaan membagikan dividen senilai Rp 38 per lembar saham. Pembagaian dividen tahun ini didasarkan pada struktur perusahaan yang kuat, dilihat dari menurunnya pinjaman bank dan saldo laba bersih perseroan.

Dividen tahun ini dari semua laba yang diperoleh 2023 ditambah saldo laba ditahan yang belum di cadangkan, akan dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham,” jelasnya.

Mengutip laporan keuangan perusahaan, TAPG mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 44,8 persen menjadi Rp 1,6 triliun sepanjang 2023, dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp 2,8 triliun.

“Dividen ini diharapkan menjadi bentuk apresiasi perseroan kepada pemegang saham yang sudah mendukung langkah perseroan dalam menjalankan usaha,” tegasnya.

Rapat juga menyetujui perubahan dan penegasan kembali susunan anggota direksi dan komisaris Perseroan menyusul wafatnya komisaris Perseroan Kuntoro Mangkusubroto pada akhir 2023. Dengan demikian, susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi yang baru adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris
Presiden Komisaris : Arif Rachmat
Komisaris : Arini Saraswaty Subianto
Komisaris : Toddy Mizaabianto Sugoto
Komisaris : Danny Rachmat
Komisaris Independen :Drs. Aridono Sukmanto
Komisaris Independen : Ir. Maruli Gultom
Komisaris Independen : Stanley Setia Atmadja

Direksi
Presiden Direktur : Tjandra Karya Hermanto
Direktur : Erida
Direktur : Sutedjo Halim
Direktur : Budiarto Abadi
Direktur : George Oetomo

Baca juga: TOBA Absen Bagi Dividen, Ini Penyebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com