Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Program Employee Benefits Bisa Jadi Cara Jitu Mempertahankan Karyawan Terbaik

Kompas.com - 20/02/2024, 14:00 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat—termasuk juga ketika memasuki era artificial intelligence (AI) generatif—perusahaan dihadapkan dengan berbagai tantangan, mulai dari kewajiban menyesuaikan strategi tenaga kerja dan cara kerja, hingga menarik dan mempertahankan karyawan terbaik.

Karenanya, strategi manajemen tenaga kerja yang efektif agar perusahaan dapat memenuhi kebutuhan karyawan dan bisnis, baik saat ini maupun di masa depan diperlukan.

Adapun manajemen tenaga kerja, meliputi kompensasi, pengembangan karier, pengalaman dan keterlibatan karyawan, penerapan konsep keanekaragaman, kesetaraan dan inklusi (DEI), dan rewards bagi karyawan, termasuk program kesejahteraan karyawan atau employee benefits.

Perlu diketahui, perusahaan yang memiliki program employee benefits menarik, inovatif dan sesuai kebutuhan karyawan, dapat menjadi salah satu strategi untuk menarik dan mempertahankan karyawan.

Laporan Health on Demand 2023 oleh Mercer Marsh Benefits (MMB) mengungkapkan bahwa perusahaan yang menyediakan beragam manfaat kesejahteraan memiliki skor kepuasan karyawan tinggi. Tidak hanya meningkatkan retensi karyawan, program employee benefits yang kompetitif juga mampu menaikkan daya saing perusahan dalam menarik minat talenta terbaik.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan perusahaan dalam menyusun program manfaat kesejahteraan karyawan atau employee benefits.

1. Melakukan riset pasar

Langkah pertama adalah melakukan riset pasar untuk mengetahui standar program manfaat kesejahteraan karyawan di industri yang sama.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa program yang ditawarkan perusahaan setara atau bahkan lebih baik daripada perusahaan lain.

2. Memahami kebutuhan karyawan

Perusahaan perlu memahami kebutuhan karyawan berdasarkan keberagaman tenaga kerja lintas generasi. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan survei, focus group discussion atau wawancara dengan karyawan.

Memahami kebutuhan karyawan yang beragam merupakan salah satu langkah penting bagi perusahaan untuk merancang employee benefits yang strategis dan sesuai dengan kebutuhan karyawan.

3. Menyesuaikan program dengan biaya

Selanjutnya, perusahaan perlu menyesuaikan rancangan program employee benefits dengan biaya yang telah dialokasikan.

Melansir dari laporan MMB Health Trends 2024 oleh Mercer Marsh Benefits (MMB), sebanyak 86 persen perusahaan asuransi di seluruh dunia dan 84 persen perusahaan asuransi di Asia meyakini bahwa inflasi sektor medis memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap tren medis pada 2023.

Sementara, tren biaya medis di Indonesia pada 2024 diprediksi sebesar 13 persen. Perusahaan perlu melakukan langkah yang strategis dan menemukan keseimbangan biaya dengan program employee benefits yang diberikan agar sesuai dengan kebutuhan karyawan.

Employee benefits mengubah paradigma

Kebutuhan dan sikap tenaga kerja dalam memaknai employee benefits yang diberikan oleh perusahaan telah mengalami perubahan, terutama pasca-Covid-19, yang kini tidak lagi dilihat sekadar asuransi kesehatan.

Salah satu pendorongnya adalah Generasi Z yang saat ini menempati 25 persen dari populasi global dan sudah memasuki dunia kerja. Banyak beragam benefits yang dapat diberikan oleh perusahaan, seperti gym membership, bekerja secara remote, cuti, penitipan anak, dan pengembangan diri.

Memberikan employee benefits yang efektif, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan karyawan akan memberikan rasa perlindungan dan penghargaan kepada karyawan. yang pada pada akhirnya akan membawa dampak postif bagi perusahaan.

Mercer Marsh Benefits (MMB), konsultan terkait employee health & benefits dan asuransi, memainkan peran kunci dalam membantu perusahaan untuk menghadapi tantangan dalam mengelola biaya, risiko karyawan dan kompleksitas employee benefits.

Layanan holistik yang diberikan oleh MMB Indonesia meliputi berbagai aspek, mulai perencanaan dan pemetaan yang meliputi survei internal dan kompetitor, merancang employee benefits dan asuransi yang sesuai, dukungan layanan dalam implementasi, monitoring dan improvement berkelanjutan, hingga penyusunan laporan.

Karenanya, bermitra dengan MMB akan memberikan pelaku bisnis keyakinan dalam menghadapi berbagai tantangan untuk menarik dan mempertahankan karyawan terbaik serta menjaga pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com