Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Pukul 12.00 WIB Tol Indrapura-Lima Puluh Tak Lagi Gratis, Ini Rinciannya

Kompas.com - 29/02/2024, 09:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mulai menerapkan tarif Tol Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Lima Puluh pada Kamis (29/2/2024) pukul 12.00 WIB. Setelah sebelumnya beroperasi tanpa tarif selama lebih dari empat bulan.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, saat ini Hutama Karya menerapkan sistem transaksi terbuka.

Artinya, seluruh transaksi di Gerbang Tol (GT) Lima Puluh ke arah Junction Indrapura maupun sebaliknya hanya dikenakan pada GT Lima Puluh.

Namun nantinya setelah Tol Tebing Tinggi-Indrapura telah ditetapkan tarif, sistem transaksinya akan menggunakan sistem transaksi tertutup atau terintegrasi.

"Kami mengimbau bagi pengguna jalan yang ingin melintas untuk memastikan terlebih dahulu kecukupan saldo uang elektronik untuk menghindari penumpukan antrian di gerbang tol," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/2/2024).

Adapun pemberlakukan tarif ini sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 251/KPTS/M/2024 pada 2 Februari 2024.

Baca juga: Berlaku Mulai 21 Februari 2024, Simak Rincian Tarif Tol Serpong-Cinere

Berdasarkan SK Menteri PUPR tersebut, berikut besaran tarif pada GT Lima Puluh-Junction Indrapura:

- Golongan I: Rp 20.500

- Golongan II dan III: Rp 30.500

- Golongan IV dan V: Rp 40.500

Baca juga: Berlaku Mulai Hari ini, SImak Rincian Tarif Tol Surabaya-Gresik Terbaru 2024

 


Sebagai informasi, pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran sepanjang 47,75 kilometer (km) sedang dikebut agar bisa selesai seluruhnya pada 2024.

Jalan Tol Indrapura-Kisaran terbagi menjadi dua seksi, Seksi 1 Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,6 km dan Seksi 2 Limapuluh-Kisaran sepanjang 32,15 km. Pada 7 Februari 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Seksi 1 Indrapura-Lima Puluh.

Jalan Tol Indrapura-Kisaran dengan nilai investasi Rp 6,3 triliun ini dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti 2 gerbang tol, 2 simpang susun, 11 jembatan, 17 overpass, hingga 4 rest area Tipe A dan B, yang akan menambah kenyamanan pengguna jalan tol.

Baca juga: Resmi Naik, Ini Tarif Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com