Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Dana BOS untuk Makan Siang Gratis, Anak Buah Sri Mulyani: Enggak Ada Komentar

Kompas.com - 04/03/2024, 14:30 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk program makan siang gratis yang diusung oleh pasangan calon presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka tengah bergulir.

Wacana itu pertama kali disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, ketika meninjau langsung uji coba program makan siang gratis yang dilakukan di salah satu sekolah menengah pertama (SMP) di Tangerang pada pekan lalu.

Namun demikian, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), selaku pihak yang meregulasi penyaluran dana BOS enggan memberikan komentar terkait wacana yang disampaikan oleh Airlangga itu.

Ketika ditemui oleh awak media di Kempinski, Jakarta, Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata, tidak mau menanggapi pertanyaan terkait pemanfaatan dana BOS untuk program makan siang gratis.

"Enggak ada komentar," kata dia singkat sembari berjalan, di Kempinski, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Baca juga: Asosiasi Guru Tolak Program Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS, Kenapa?

Awak media pun mencoba menanyakan kembali terkait adanya pembahasan pemanfaatan dana BOS untuk makan siang gratis, namun Isa tetap tidak mau berkomentar.

Sebagai informasi, wacana pemanfaatan dana BOS untuk program makan siang gratis sebelumnya disampaikan oleh Airlangga, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo - Gibran.

Kala meninjau uji coba program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Airlangga bilang, dana BOS bisa menjadi salah satu opsi sumber dana program makan siang gratis.

"Karena model untuk SD dan SMP kita relatif punya sistem, punya pipeline anggaran, salah satunya melalui BOS, secara spesifik itu bisa dibuat," kata dia, di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2/2024).

Baca juga: Pemerintahan Jokowi Uji Coba Makan Siang Gratis untuk SD dan SMP di Tangerang

Lebih lanjut ia bilang, pemerintah saat ini masih memikirkan secara matang terkait pelaksanaan program makan siang gratis, mulai dari penganggaran hingga pelaksanaannya.

Oleh karenanya, saat ini pemerintah disebut melakukan "belanja masalah" untuk mendukung pelaksanaan program makan siang gratis, yang rencananya bakal digulirkan pada tahun depan.
"Ini memang kita lagi belanja masalah, sehingga dengan demikian besar supaya bisa diimplementasikan secara baik, dan kita punya waktu yang panjang untuk melakukan piloting," ucap Airlangga.

Baca juga: Bank Dunia Komentari Makan Siang Gratis, Menko Airlangga: Kan Belum Tahu Programnya Seperti Apa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com