Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Minuman Ringan "Pede" Produknya Bakal "Laris Manis" Sepanjang Ramadhan

Kompas.com - 14/03/2024, 09:32 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Industri Minuman Ringan (ASRIM) Triyono Prijosoesilo optimistis konsumsi masyarakat meningkat terhadap produk minuman olahan selama Ramadhan.

Triyono mengatakan, produsen minuman ringan menghitung penjualan di bulan Ramadhan dapat berkontribusi sebesar 34 persen dari total volume penjualan per tahun.

"Insya Allah harusnya ada (peningkatan penjualan), mudah-mudahan ada, tolong doakan, karena mau enggak mau Ramadhan itu secara tradisional itu bisa berkontribusi antara 34 persen dari total volume per tahun. Jadi besar," kata Triyono saat ditemui di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Baca juga: Kemenperin: Industri Makanan dan Minuman Terdampak Aksi Boikot Produk Pro Israel, tapi Bertahan Tak PHK Karyawan

Triyono tak menyebutkan spesifik proyeksi kenaikan konsumsi selama Ramadhan. Namun, ia menyebutkan beberapa produsen sudah mulai terdampak geliat dari konsumsi masyarakat atas produk minuman olahan.

"Beberapa teman-teman yang di anggota mulai menyampaikan bahwa mulai ada kenaikan. Mungkin nanti kita bisa lihat datanya setelah Lebaran," ujarnya.

Lebih lanjut, Triyono menargetkan industri minuman ringan atau minuman siap minum non-alkohol (NARTD) tumbuh 4-5 persen sepanjang 2024.

Baca juga: Tertekan Produk Impor, Pengusaha Kemasan Makanan Minuman Minta Permendag 36 Tahun 2023 Direvisi


Ia mengatakan, 2024 merupakan kesempatan bagi industri minuman ringan untuk pulih setelah terpuruk selama 3 tahun terakhir khususnya saat Pandemi Covid-19.

"Kami melihat 2024 kesempatan untuk rebound karena Covid-19 sudah lewat dan orang-orang sudah bebas. Harapan kami bisa rebound, ada aspek internal dan eksternal. Internalnya adaptasi industri bagaimana produk kami bisa dikonsumsi masyarakat dengan baik," ucap dia.

Untuk diketahui, kinerja industri minuman ringan tumbuh 3,1 persen dari 2022 hingga 2023 (year on year). Kinerja terlihat tumbuh berkat satu produk penyumbang terbesar yaitu air mineral dalam kemasan (AMDK).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com