Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Uang THR untuk 4 Kebutuhan Ini agar Tak Sia-sia

Kompas.com - 03/04/2024, 14:42 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam momen menerima Tunjangan Hari Raya (THR), sering kali kita tergoda untuk menggunakannya tanpa perencanaan yang matang, sehingga uang tersebut dapat terbuang sia-sia.

Menggunakan uang THR dengan cerdas dapat menjadi langkah pertama yang penting dalam meraih keuangan yang lebih stabil di masa depan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam laman resminya, dikutip Rabu (3/4/2024), menjelaskan beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan uang THR dengan baik. 

Baca juga: Cerita Pekerja Tetap Berbagi THR Saat Hidup Pas-pasan, Setahun Sekali Berbagi Rezeki

Ilustrasi THR, tunjangan hari raya, angpao Lebaran. SHUTTERSTOCK/MELIMEY Ilustrasi THR, tunjangan hari raya, angpao Lebaran.

1. Melunasi utang dan cicilan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan diri dari beban finansial. Gunakan sebagian uang THR untuk melunasi utang dan cicilan yang belum terbayarkan. 

Dengan melunasi utang dan cicilan, Anda dapat terbebas dari tunggakan dan dapat mengalokasikan dana THR yang tersisa ke hal lain yang lebih bermanfaat.

2. Menabung dan berinvestasi

Sisihkan bila memungkinkan minimal 20 persen dari uang THR untuk ditabung dan diinvestasikan. Menabung adalah langkah awal yang baik untuk membangun dana darurat. 

Adapun investasi dapat dilakukan melalui beberapa produk keuangan yang tersedia, seperti deposito, reksa dana, atau investasi emas, Anda dapat menyesuaikan produk investasi dengan profil risiko masing-masing.

Baca juga: 5 Tips Atur Uang THR secara Maksimal

Pastikan untuk selalu mencari tahu terlebih dahulu risiko dan keuntungan dari masing masing instrumen investasi tersebut.

3. Belanja kebutuhan pokok

Jangan lupakan kebutuhan pokok, terutama untuk perayaan hari raya dan keperluan mudik. Alokasikan sebagian kecil dari uang THR untuk memenuhi kebutuhan ini dengan bijak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com