Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASDP: Hanya 1,8 Persen Pemudik yang Datang ke Pelabuhan Tanpa Tiket di Periode Lebaran

Kompas.com - 17/04/2024, 19:52 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat hanya ada 1,8 persen pengguna jasa yang datang ke pelabuhan dengan kondisi tanpa tiket pada hari kedatangan untuk menyeberang pada periode Hari Lebaran Rabu (10/4/2024) atau puncak lebaran hingga Minggu (14/4/2024) atau H+3 Lebaran

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menilai, hal ini merupakan pencapaian positif di mana arus balik penyeberangan berjalan lancar dan terkendali.

"Artinya, secara data akumulatif, pemudik bertiket yang tiba di pelabuhan Bakauheni saat arus balik mencapai 98,2 persen. Bila dibandingkan arus mudik di mana jumlah tidak bertiket mencapai 32 persen atau sekitar 19.000 kendaraan," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (17/4/2024).

Baca juga: H-2 Lebaran, ASDP Catat Total Pemudik Lewat Ketapang Tembus 148.915 Orang dan 29.849 Kendaraan

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi bersama Menhub, Kapolri, Panglima TNI dan sejumlah jajaran saat tinjau lapangan di Pelabuhan ASDP Gilimanuk Bali (Kompas.com/Rizki Alfian Restiawan) Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi bersama Menhub, Kapolri, Panglima TNI dan sejumlah jajaran saat tinjau lapangan di Pelabuhan ASDP Gilimanuk Bali

Lebih lanjut Ira mengatakan, untuk mendukung kelancaran layanan arus balik Lebaran dari Pulau Sumatera menuju Jawa diperlukan kesadaran kolektif khususnya pengguna jasa pada saat peak season seperti saat puncak arus mudik maupun balik.

"Pencapaian pada arus balik Lebaran ini luar biasa, di mana sosialisasi massif kami direspon positif oleh pengguna jasa yang patuh untuk membeli tiket maksimal H-1 keberangkatan dan tiba di pelabuhan sesuai jadwal," ungkapnya.

Selain itu, konsistensi penerapan sistem penundaan (delaying system) melalui penyediaan titik zona penyangga (buffer zone) di rest area juga menjadi kunci dalam kelancaran arus balik sebagai upaya menyeimbangkan antara kapasitas pelabuhan yang tersedia dengan jumlah kendaraan yang masuk ke dalam pelabuhan.

Apresiasi dalam penerapan delaying system juga diberikan kepada jajaran Polda Lampung yang telah menetapkan tiga kategori yakni hijau, kuning dan merah.

Baca juga: Sampai H-2, ASDP Sebut Pemudik ke Arah Sumatra Tembus 156.424 orang

Di mana pelaksanaan delaying system ini diterapkan jika kendaraan sudah melebihi jumlah kapasitas, dan akan dimaksimalkan pada puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 13-16 April 2024.

Sudah 79 persen pemudik kembali ke Jawa

Sementara itu, ASDP juga mencatat di posko data Bakauheni pada H+5 jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 38 unit kapal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com