Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoPay Salurkan Zakat dan Donasi Senilai Rp 31 Miliar Sepanjang Ramadhan 2024

Kompas.com - 24/04/2024, 20:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dompet digital GoPay menyalurkan zakat dan donasi total senilai Rp 31 miliar selama Ramadhan 2024.

Zakat dan donasi tersebut merupakan bagian dari program Berbagi Kebaikan GoTo yang dijalankan selama Ramadan pada 12 Maret-11 April 2024.

Adapun, zakat dan donasi sebesar Rp 30 miliar berasal dari pengguna GoPay yang berdonasi menggunakan GoPay untuk kemudian disalurkan melalui berbagai lembaga amil zakat. Sementara, donasi sebesar Rp 1 miliar murni berasal dari dana yang didonasikan oleh GoPay.

Baca juga: Cara Mudah Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan Pakai GoPay

Group Chief Operating Officer GoTo Hans Patuwo mengatakan, pada Ramadhan lalu pihaknya menjalankan program Berbagi Kebaikan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

"Melalui program Berbagi Kebaikan, donasi yang disalurkan pengguna melalui GoPay mencapai Rp 30 miliar. Selain donasi dari pengguna, GoPay juga mendonasikan dana sebesar Rp 1 miliar,” ujar Hans dalam keterangan resmi, Rabu (24/4/2024).

Ia menambahkan, selama Ramadhan 2024 penyaluran zakat dan donasi ke berbagai lembaga amil zakat melalui aplikasi GoPay, aplikasi Gojek, maupun platform lainnya menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran meningkat hampir 50 persen dibandingkan dengan Ramadan tahun sebelumnya.

Sebagai catatan, donasi dari pengguna yang dilakukan dengan GoPay kemudian disalurkan melalui berbagai lembaga amil zakat. Sementara itu, donasi sebesar Rp 1 miliar yang berasal dari dana perusahaan GoPay telah disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

“Donasi dari GoPay disalurkan untuk renovasi musala, paket sembako gratis, serta bantuan pendidikan untuk anak-anak panti asuhan yang dikelola oleh komunitas mitra driver Gojek,” imbuh Hans.

Baca juga: Cara Tarik Tunai Gopay di ATM BCA

 


Sementara itu, Pimpinan BAZNAS Bidang Pengumpulan H. Rizaludin Kurniawan, menuturkan kolaborasi dengan GoPay memudahkan masyarakat menunaikan zakat serta berdonasi secara digital.

“Transaksi zakat dan donasi melalui GoPay Ramadhan tahun ini meningkat sebesar 81,6 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” tutup Rizaludin.

Sebagai informasi, GoPay menyediakan fitur “Zakat dan Donasi” untuk memfasilitasi pengguna membayar zakat dan berdonasi ke berbagai lembaga amil zakat dan organisasi sosial yang terpercaya, termasuk BAZNAS. GoPay sendiri telah mendapatkan pengakuan dari BAZNAS sebagai mitra financial technology (fintech) terbaik selama lima tahun berturut-turut.

Sementara melalui aplikasi Gojek, pelanggan GoFood telah menyalurkan sebanyak 7.000 Paket Kebaikan GoFood atau makanan gratis kepada mitra pengemudi, hanya dalam kurun waktu satu minggu. Artinya, secara rata-rata ada 1.000 mitra pengemudi yang mendapatkan paket makanan gratis dari pelanggan setiap harinya. Angka ini meningkat hampir dua kali lipat dari Ramadhan tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com