Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elnusa Bukukan Laba Bersih Rp 183 Miliar di Kuartal I-2024

Kompas.com - 01/05/2024, 16:39 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Elnusa Tbk (ELSA) membukukan laba bersih Rp 183 miliar pada kuartal I-2024, tumbuh 59 persen dari dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya.

Kinerja anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) itu sejalan dengan pendapatan usaha yang stabil di kuartal I-2024 yang sebesar Rp 3,1 triliun.

Corporate Secretary Elnusa Frida Lidwina mengatakan, pendapatan usaha dikontribusikan melalui segmen jasa distribusi & logistik energi sebesar 52 persen, segmen jasa hulu energi sebesar 38 persen, dan jasa penunjang energi sebesar 10 persen.

Baca juga: Indosat Catat Laba Rp 1,29 Triliun di Kuartal I-2024

Hal tersebut menunjukkan peningkatan pendapatan usaha khususnya pada jasa hulu energi dibandingkan periode yang sama yaitu meningkat sebesar 22 persen.

"Pertumbuhan yang dicatatkan Elnusa pada tiga bulan pertama 2024 ini didorong oleh peningkatan kinerja pada segmen jasa hulu energi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (1/5/2024).

Perseroan juga menunjukan kinerja yang solid dengan mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) sebesar Rp 372 miliar, naik 8 persen dibandingkan periode sama di tahun lalu yang sebesar Rp 345 miliar.

Adapun jumlah kas dan setara kas perseroan per 31 Maret 2024 mencapai Rp 2,47 triliun, tumbuh 20 persen dari periode yang sama pada tahun 2023 yang sebesar Rp 2,06 triliun.

Frida mengatakan, perseroan akan terus meningkatkan kinerja dengan fokus pada inovasi, efisiensi operasional dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

"Melalui strategi ini, kami optimis dapat menjaga pertumbuhan bisnis yang stabil dan memberikan kontribusi nyata bagi industri energi nasional," tutupnya.

Baca juga: Laba Bersih BNI Naik 2,03 Persen Menjadi Rp 5,3 Triliun pada Kuartal I-2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com