Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Reksadana adalah Apa? Ini Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 07/05/2024, 11:29 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Investasi reksadana adalah apa? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian produk investasi yang banyak diminati oleh para investor.

Investasi reksadana dalah wadah menghimpun dana investor yang dikelola oleh Manajer Investasi, untuk diinvestasikan ke dalam bentuk surat berharga seperti obligasi, saham, maupun instrumen pasar uang lainnya.

Berbagai sumber menyebutkan bahwa investasi reksadana sangat cocok bagi investor pemula yang memiliki modal terbatas dan belum begitu mahir dalam menganalisis pasar modal.

Investasi reksadana bisa dimulai dari nominal Rp 100.000, bahkan ada beberapa perusahaan yang menjual reksadana dengan nominal Rp 50.000.

Apa saja jenis reksadana di Indonesia?

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Jenis Reksadana dan Jangka Waktunya

Jenis reksadana di Indonesia

Di Indonesia, jenis reksadana yang paling banyak berkembang berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang bersifat terbuka atau bisa diperdagangkan sewaktu-waktu setiap hari bursa.

Beberapa jenis produk reksadana antara lain reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham.

1. Reksadana pasar uang

Dana investasi reksadana pasar uang seluruhnya ditempatkan pada surat berharga atau instrumen pasar uang berjangka waktu kurang dari setahun,

Jenis investasi reksadana pasar uang cocok bagi investor dengan profil sangat konservatif,  dengan tujuan keuangan jangka pendek.

Reksadana pasar uang memiliki risiko paling rendah dibandingkan jenis reksadana lainnya.

Sejalan dengan hal tersebut, return atau imbal hasil yang diperoleh dari produk ini juga relatif lebih kecil dibandingkan jenis reksa dana lainnya.

Baca juga: Reksadana Pasar Uang adalah Apa? Ini Pengertiannya

2. Reksadana pendapatan tetap

Minimal sebesar 80 persen dana investasi reksadana pendapatan tetap, akan ditempatkan pada Surat Utang Negara (SUN) atau obligasi.

Surat Utang Negara adalah surat berharga berupa surat pengakuan utang dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing, yang pembayaran bunga dan pokoknya dijamin oleh negara sesuai masa berlakunya.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com