Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

72 Calon Masinis Whoosh Dilatih oleh Masinis Kereta Cepat dari China

Kompas.com - 15/05/2024, 11:50 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memberi pelatihan kepada 72 calon masinis Kereta Cepat Whoosh sebagai salah satu bentuk transfer pengetahuan.

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, para calon masinis melakukan on job training dengan mendampingi masinis kereta cepat profesional dari China sejak April kemarin.

"Proses transfer knowledge merupakan salah satu bagian krusial dari proyek kereta cepat di Indonesia. Tujuannya agar bangsa Indonesia bisa berdikari dalam mengoperasikan kereta cepat ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/5/2024).

Baca juga: Libur Panjang, Tiket Whoosh Bisa untuk Masuk Gratis dan Diskon 12 Wahana di Bandung

Kereta Cepat Whoosh.KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Kereta Cepat Whoosh.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan ini para calon masinis langsung mengikuti pekerjaan masinis Whoosh dari awal hingga akhir dinas.

Hal ini berbeda dari tahapan sebelumnya di mana calon masinis belajar secara teori di kelas dan praktik di mesin simulator.

"Para calon masinis akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman langsung terkait aktivitas masinis Whoosh sehari-hari," kata dia.

Dia melanjutkan, 72 calon masinis ini akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan masinis Kereta Cepat Whoosh yang bertugas.

Baca juga: Libur Panjang, KCIC Siapkan 28.000 Tempat Duduk Kereta Cepat Whoosh

Kegiatan yang dilakukan mulai dari administrasi kedinasan, tes kesehatan, proses serah terima sarana, start dan uji fungsi, langsir kereta, serta mengikuti perjalanan Whoosh dari stasiun awal hingga akhir di kabin.

Pada saat berada di dalam kabin, para calon masinis mengamati cara pengoperasian kereta cepat, proses komunikasi dengan pusat kendali, komunikasi dengan awak kereta, penanganan kondisi darurat, serta berbagai proses kerja di dalam kabin masinis lainnya.

Para calon masinis juga didampingi oleh penerjemah selama proses on job training agar penjelasan yang diberikan oleh masinis profesional dapat dipahami dengan baik oleh calon masinis Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com