Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alfamart soal Tukang Parkir Liar: Cuekin Aja

Kompas.com - 16/05/2024, 21:30 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau Alfamart menegaskan bahwa konsumen yang parkir di depan minimarket Alfamart tidak dipungut biaya parkir.

Hal ini merespons keresahan masyarakat yang selama ini merasa terganggu akibat adanya juru parkir liar yang memaksa pengunjung yang memarkirkan kendaraan untuk membayar sejumlah uang.

“Banyak keluhan terjadi, kalau kita bicara parkir, ini di lahan kita dan kita tidak mengutip parkir konsumen atau pelanggan yang belanja di toko,” kata Corporate Affairs Director Alfamart Solihin di Tangerang, Kamis (16/5/2024).

Baca juga: Alfamart Alokasikan Capex Rp 4,5 Triliun Tahun Ini, untuk Apa Saja?

“Sekarang kan marak di DKI, dan ini untuk merespons konsumen,” tambahnya.

Solihin mengatakan, pihaknya sudah berusaha memasang keterangan bebas parkir di kawasan Alfamart. Oleh karena itu kata dia, adanya parkir liar yang selama ini terjadi tentu sangat disayangkan.

“Kita sudah berusaha memasang bebas parkir, tapi saat ini banyak keluhan dan viral, saya pikir kita menyambut baik pemerintah (yang akan mentertibkan juru parkir liar),” ujar dia.

Baca juga: Alfamart Bakal Bagi Dividen Rp 1,19 Triliun, Simak Jadwalnya

Solihin menegaskan, Alfamart tidak pernah mengenakan biaya parkir kepada konsumen yang parkir di depan Alfamart.

“Kita, Alfamart tidak pernah mengenakan biaya parkir, sehingga kita layak katakan bahwa parkir di Alfamart gratis,” tegas dia.

Solihin juga menekankan bahwa saat ini pemerintah tengah dalam pembicaraan untuk mentertibkan juru parkir liar. Atas kebijakan itu, Alfamart mendukung upaya tersebut, demi kenyamanan konsumen.

Baca juga: Biaya Admin Tarik Tunai DANA di Alfamart

“Kita tunggu langkah berikutnya, karena aparat sudah melakukan penertiban terhadap hal tersebut. Seharusnya (dicuekin) saja, kita tidak pernah meminta, tapi dia minta terus, terus, terus,” ungkap Solihin.

“Kadang konsumen agak segan, belum lagi ada ulah juru parkir yang kalau tidak diberikan uang, keberatan, sehingga protes. Kita sejauh ini menunggu arahan pemerintah untuk menertibkan hal-hal yang membuat tidak nyaman konsumen,” tegas dia.

Baca juga: Panduan Bayar Tagihan IndiHome di Indomaret dan Alfamart

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com