Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pos Indonesia Ubah Aset Gedung Jadi Creative Hub E-sport

Kompas.com - 17/05/2024, 17:41 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pos Indonesia (Persero) mengubah aset gedung miliknya menjadi creative hub salah satunya untuk mengembangkan olahraga elektronik atau e-sport.

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal R Djoemadi mengatakan, langkah ini dilakukan untuk mengurangi beban operasional gedung-gedung milik perseroan.

Ia mengatakan, tercatat lebih dari 3.000 aset PT Pos yang bisa diubah melalui anak usahanya PT Pos Properti.

Baca juga: Wamen BUMN: Emas Bukan Aset Sunset

"Biar operasinya makin mahal, gedungnya makin tua, perawatannya makin mahal. Maka Pos Properti saya minta coba dibikinkan, Di mana leverage aset menjadi property service, property business. Tapi tidak berhenti disitu, saya minta you have to go beyond property service," kata Faizal usai acara Talk Show Road To Excel World Championship Indonesia Stage di Kota Kasablanka Mall, Jakarta, Jumat (17/5/2024).

"Jadi tidak hanya menyewakan gedung, tapi go beyond property service artinya properti ini seperti mal ini harus menarik, harus attract. Attract siapa? Attract milenial," sambungnya.

Faizal mengatakan, saat ini aset-aset Pos Indonesia juga telah ada yang menjadi Creative Hub serta ada Game Center. Bahkan, nantinya aset yang dimanfaatkan itu bisa menjadi pusat para pelaku e-sport berkompetisi.

"Anak-anak muda sekarang ini, millenials itu selalu ingin punya tempat di mana mereka bisa bersaing secara sehat. Makanya kenapa sebetulnya game ini hanya salah satu fasilitas untuk mereka berkompetisi. Makanya tadi ada Mobile Legends competition, ada PUBG competition dan sebagainya," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PT Pos Properti, Junita Roemawi mengatakan saat ini perusahaan juga mengubah aset gedung sebagai wadah pelaku e-sport yaitu Point Arena.

"Jadi kami punya e-sport center yang disebut Poin Arena. Nah, memang itu sudah hampir 2 tahun berjalan dan kami sudah punya 2 center. Satu di Bandung, di head office kami dan satunya di Jakarta," kata Junita.

Junita mengatakan, pihaknya juga akan menggelar pertandingan e-sport Microsoft Excel World Championship Indonesia pada bulan September 2024. Gelaran ini bekerja sama denganFinancial Modeling World Cup (FMWC).

"Tujuan utama kami bekerjasama dengan FMWC untuk menyelenggarakan kompetisi ini dan mewadahi para mahasiswa dan professional yang memiliki keahlian dan potensi dibidang excel serta juga menginspirasi generasi muda mempelajari Excel lebih dalam lagi sehingga pada akhirnya dapat bersaing di ajang internasional. Kami sangat senang dapat memfasilitasi kegiatan ini melalui Gaming Hub kami, Point Arena," ucap dia.

Baca juga: Logam Mulia Bisa Jadi Pelindung Aset, Bagaimana Penjelasannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com