Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grant Thornton: Optimistisme terhadap Ekonomi Indonesia Tertinggi di ASEAN

Kompas.com - 24/05/2024, 19:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Laporan rutin Grant Thornton International Business Report (IBR) menyebutkan tingkat optimisme pelaku bisnis Indonesia terhadap prospek ekonomi menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Berdasarkan data terbaru, 75 persen responden di paruh pertama tahun 2024 merasa optimis terhadap prospek ekonomi dalam 12 bulan ke depan. Angka ini mengalami peningkatan menjadi 84 persen di paruh kedua 2023.

Melihat perbandingan dengan negara-negara ASEAN lainnya, Indonesia tetap berada di posisi teratas. Tingkat optimisme negara di ASEAN mencapai 70 persen di semester I 2023 dan 67 persen di semester II 2023.

Baca juga: Bertemu Petinggi Nikkei Inc, Menko Airlangga Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia

 

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. SHUTTERSTOCK/TENDO Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.

Kedua angka tersebut masih di bawah tingkat optimisme Indonesia baik di semester I maupun semester II 2023.

Bahkan bila dibandingkan dengan tingkat optimisme global, Indonesia masih mendominasi dan berada jauh di atas rata-rata global, yakni 67 persen di semester I 2023 dan 65 persen di semester II 2023.

CEO Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani, mengatakan, data ini menunjukkan bahwa optimisme ekonomi Indonesia pada tahun 2023 berada dalam posisi yang sangat kuat dibandingkan dengan banyak negara lain di dunia.

"Peningkatan signifikan dari semester I ke semester II 2023 menandakan kepercayaan yang besar terhadap pertumbuhan dan stabilitas ekonomi Indonesia di masa depan. Dengan optimisme yang tinggi ini, Indonesia diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan berkelanjutan," ujar Johanna dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5/2024).

Baca juga: Prabowo Mau Ekonomi RI Tumbuh 8 Persen, Ekonom Ingatkan Risikonya

Tidak hanya itu, optimisme pelaku bisnis Indonesia yang tinggi juga terlihat dari beberapa indikator ekonomi seperti tingkat kesempatan kerja (employment rate) yang meningkat, ekspektasi terhadap profitability yang tinggi, dan harapan untuk mendapatkan pertumbuhan pendapatan dari pasar non-domestik yang tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com