Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Mela Yunita
Peneliti

Direktur Eksekutif Pusat Riset Sosial dan Ekonomi Indonesia (Presisi). Doktor Ilmu EKonomi Pertanian IPB (2022); Master Ilmu EKonomi IPB (2017) dan Sarjana Ekonomi FEB Unej (2015). Peneliti dan pengamat ekonomi dan sosial.

Menyelisik Perluasan Kebijakan KLM Bank Indonesia, untuk Si(apa)?

Kompas.com - 12/06/2024, 10:05 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

MENGAWALI Juni 2024, Bank Indonesia (BI) mengambil langkah strategis dengan memperkuat Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) sebagai booster bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Lewat langkah ini, BI berupaya memperluas sektor-sektor prioritas yang ditetapkan, seperti hilirisasi mineral dan batu bara, perumahan, pariwisata, dan lain-lain.

Besaran insentif maksimum ditingkatkan menjadi 4 persen dari sebelumnya 2,8 persen.

Dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, BI menangkap sinyal kuatnya permintaan kredit tercermin dari penyaluran kredit korporasi yang tumbuh lebih dari 20 persen.

Dengan melihat perkembangan tersebut, BI berupaya menjaga momentum pertumbuhan kredit dengan kembali memperluas insentif KLM.

Kebijakan ini disambut baik oleh industri perbankan. Mereka optimistis kebijakan ini mampu menjadi jamu manis bagi perekonomian melalui peningkatan jumlah kredit.

Perluasan cakupan kebijakan KLM tersebut meliputi otomotif, perdagangan, listrik, gas, dan air, serta jasa sosial per 1 Juni lalu.

Sebelumnya KLM hanya mencakup sektor hilirisasi minerba, hilirisasi nonminerba, perumahan, dan pariwisata.

Sejalan dengan implementasi kebijakan ini, BI optimistis bahwa kredit akan tumbuh sampai 12 persen di akhir tahun 2024.

Sasaran kebijakan KLM

Seperti telah disebutkan sebelumnya, perluasan insentif KLM mengakomodasi beberapa tujuan besar BI.

Pada aras ini, BI turut mendukung pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan dukungan terhadap sektor-sektor prioritas. Nantinya sektor prioritas akan menjadi booster bagi percepatan ekonomi nasional.

Memang tak dapat dipungkiri, pertumbuhan kredit mampu menjadi indikator geliat dunia usaha. Dengan perluasan penerima insentif KLM terhadap sektor-sektor prioritas, mencuatkan harapan meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi.

Sektor-sektor prioritas tersebut masuk dalam kategori sektor yang memiliki daya ungkit ekonomi tinggi, dan bukan sektor yang berisiko mengalami kredit macet.

Harusnya dengan tambahan insentif ini, maka akan terjadi pertumbuhan pada sektor-sektor tersebut, sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan investasi dalam perekonomian.

Dari arah lain, kebijakan ini akan mendorong penguatan likuiditas perbankan. Likuiditas sektor perbankan yang melebihi 25 persen menunjukkan bahwa kebijakan ini efektif dalam memperkuat likuiditas bank, memberikan mereka fleksibilitas lebih besar dalam menyalurkan kredit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com