Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 9 Cara Hasilkan Uang Tambahan dalam Waktu Cepat

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika merasa gaji pas-pasan, tentu Anda ingin mencari uang tambahan supaya bisa jajan atau membeli sesuatu di luar kebutuhan sehari-hari. Termasuk melunasi cicilan Anda sehingga tak dikejar-kejar debt collector.

Tanpa perlu mengorbankan tabungan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan dalam waktu singkat.

Sebagaimana dikutip dari Entrepreneur, Jumat (1/3/2019), cara-cara tersebut terbilang mudah dilakukan, namun tak terlalu bisa diandalkan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Ingat, cara ini berlaku hanya untuk uang tambahan, bukan sumber pendapatan utama.

Sebelum menerapkannya, Anda harus mengatur pola pikir untuk merasa cukup berapapun uang yang dihasilkan. Ketika Anda berpikir seperti itu, maka Anda bisa melakukan segala daya untuk mendapat uang tambahan.

Berikut cara-cara yang bisa diterapkan untuk mendapatkan uang tambahan dalam waktu relatif singkat.

1. Jadi mitra transportasi online

Perusahaan transportasi seperti Grab dan Go -Jek menawarkan peluang besar untuk menghasilkan uang cepat. Anda hanya butuh catatan mengemudi yang bersih, kendaraan yang layak untuk dikendarai, dan mengurus beberapa berkas administrasi.

Anda bisa menjadi mitra transportasi online sebagai sampingan, bisa dilakukan sambil berangkat kerja ataupun selepas bekerja. Bahkan Anda bisa tetap menghasilkan uang saat akhir pekan.

2. Jual barang-barang tak terpakai

Mulailah memilah barang-barang Anda ke dalam tiga kategori, yakni terpakai, mungkin terpakai, dan tidak terpakai. Barang-barang tersebut bisa berupa alat rias, jam tangan, ataupun gawai yang sudah lama tak digunakan.

Daripada menumpuk di rumah, lebih baik dijual kembali dan menghasilkan uang. Anda bisa menyimpan barang terpakai dan mungkin terpakai.

Sementara barang yang tak terpakai, terutama yang memiliki nilai, bisa dijual kembali. Agar lebih efisien, Anda bisa menjualnya secara online di berbagai marketplace.

3. Buat garage sale

Selain menjual secara online, Anda juga bisa menjualnya melalui garage sale di teras rumah Anda. Biasanya yang dijual berupa pakaian, tas, hingga buku-buku lama.

Cara ini lumayan ampuh untuk mendapat uang tambahan secara cepat. Namun, pastikan lagi barang yang dijual dalam kondisi bagus dan layak digunakan kembali. Anda juga bisa promosikan garage sale Anda melalui media sosial.

4. Jual desain digital atau prakarya

Jika Anda jago membuat desain digital, agar tidak mengendap sia-sia di tablet, Anda bisa menjualnya di laman tertentu. Anda bisa mencoba CafePress atau laman lainnya dan mendapatkan share profit.

Selain itu, jangan sia-siakan kreativitas Anda membuat barang-barang buatan tangan. Anda bisa memperkenalkan produk buatan tangan tersebut ke luar dan menjualnya di berbagai toko online. Ingat, ide itu mahal, lho.

5. Jual foto hasil jepretan sendiri

Hobi fotografi dan punya kamera bagus? Dapat banyak likes untuk setiap foto yang diunggah di media sosial?

Tak ada salahnya Anda jual ke ShutterStock atau iStockPhoto. Laman tersebut biasa menampung foto-foto untuk menjadi ilustrasi artikel.

Biasanya foto-foto yang ada di sana berupa foto pernikahan, ulang tahun, pemandangan alam, dan sebagainya. Anda akan dibayar untuk setiap foto yang diberikan ke sana.

Lumayan, kan? Anda bisa menyalurkan hobi sekaligus menghasilkan uang.

6. Menjadi pelatih kebugaran pribadi

Jika Anda mengerti kebugaran, Anda bisa menjadi pelatih pribadi. Orang-orang rela membayar pelatih pribadi untuk menjaga kesehatan mereka. Anda bisa menjadinpendamping untuk menjaga nutrisi makanan dan juga untuk olah tubuh seperti yoga dan gym.

Namun, Anda mungkin memerlukan sertifikasi untuk melakukan ini.

7. Memberi les ke siswa

Orang tua selalu mau berinvestasi untuk masa depan anak-anak mereka. Jika memiliki banyak pengetahuan dalam mata pelajaran seperti matematika, sains atau komputer, Anda bisa menjadi seorang tutor.

Anda bisa menawarkan jasa ke tetangga, saudara, atau kenalan Anda untuk memberikan les ke anak mereka. Anda juga bisa mempromosikan jasa melalui media sosial pribadi maupun laman khusus.

8. Mengurus kebun orang lain

Menawarkan layanan Anda sebagai tukang kebun setempat dapat membuat Anda mendapatkan uang yang cukup untuk memenuhi beberapa kebutuhan mendesak. Ada banyak pilihan, mulai dari memotong rumput dan mencabuti rumput hingga merencanakan kebun dan dekorasi.

Jika Anda memiliki banyak tetangga, peluangnya semakin besar.

9. Ambil pekerjaan membersihkan rumah

Ada berbagai platform online yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan ini. Anda juga bisa menjelajahi lingkungan atau memposting di media sosial soal jasa tersebut.

Dengan cara ini, setidaknya Anda bisa mendapatkan upah kurang lebih Rp 100.000 per hari untuk melakukan pekerjaan rumah.

https://money.kompas.com/read/2019/03/01/091103726/ini-9-cara-hasilkan-uang-tambahan-dalam-waktu-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke