Salin Artikel

Jangan Mengeluh Sibuk, Kelola Stress Anda dengan 5 Latihan Ini

Anda perlu mengubah rutinitas Anda untuk memanajemen stres. Dikutip dari buku "The Healing Self" Karya Deepak Chopra dalam CNBC, Kamis (23/5/2019), berikut ini beberapa praktik yang bisa Anda lakukan dalam rutinitas harian agar terbebas dari stres.

1. Lepaskan diri dari lingkungan penuh tekanan

Ini sangat membantu ketika Anda terjebak dalam lingkungan yang penuh tekanan. Jika Anda berada dalam pengaturan partisipasi kelompok, mohon permisi dan keluarlah dari ruangan untuk mencari udara segar (lebih disukai di luar ruangan). Kemudian, tutup mata Anda dan tarik nafas dalam-dalam.

Penelitian menemukan, naik dan turunnya nafas dapat merangsang bagian otak yang bertanggung jawab untuk menciptakan rasa ketenangan.

Namun, jika Anda berada dalam situasi penting yang tidak mengizinkan Anda keluar ruangan, tetap tarik nafaslah dalam-dalam.

2. Habiskan waktu di alam

Menghabiskan waktu di alam dapat membantu menghilangkan kecemasan dan meningkatkan suasana hati. Satu studi menemukan, dengan bermodal 20-30 menit saja berjalan-jalan di luar satu kali seminggu akan berdampak banyak dalam mengurangi stres.

Bahkan, ketika Anda sudah merasa tenang, Anda tetap perlu menghabiskan waktu di alam. Mulailah berlatih hari ini saat istirahat makan siang dan ajak teman Anda untuk keluar berjalan-jalan.

3. Olahraga

Menambah aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian Anda adalah cara yang bagus untuk menghilangkan dan mencegah stres.

Sebuah studi Harvard menemukan, berolahraga setiap hari dapat memperpanjang hidup Anda hingga 10 tahun atau lebih.

Jika Anda tidak dapat berolahraga selama 15 hingga 30 menit dalam sehari, berusahalah untuk bangkit dari kursi dan berjalan-jalan atau melakukan beberapa peregangan di kantor.

4. Prioritaskan orang yang penting bagi Anda

Sangat penting untuk menjaga hubungan dengan orang-orang yang penting bagi Anda. Bukan melalui email atau teks, tetapi melalui koneksi nyata baik secara langsung atau melalui telepon.

Membangun koneksi yang erat dapat memperkuat rasa kepemilikan, meningkatkan kepercayaan diri, dan membuat Anda jauh lebih bahagia dalam hidup.

5. Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara paling efektif untuk memerangi stres. Tidak hanya dapat membantu Anda mengatur stres, sejumlah penelitian menemukan meditasi dapat mencegah penyakit dalam jangka panjang.

Manfaat lainnya, membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kehilangan memori karena menua. Lakukan setidaknya 15 hingga 20 menit meditasi dua kali sehari.

Jadi, menjadikan manajemen stres sebagai prioritas adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

https://money.kompas.com/read/2019/05/23/105100726/jangan-mengeluh-sibuk-kelola-stress-anda-dengan-5-latihan-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.