Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AIIB Siap Danai Pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia

Adapun pada Senin (26/8/2019) lalu, Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan mengenai lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur, tepatnya Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

"Ya kalau mereka bicara sama kita tentu kita akan pertimbangkan," ujar Vice President, Chief Administration Officer Luky Eko Wuryanto di Jakarta, Kamis (28/8/2019).

Luky menjelaskan, hingga saat ini belum ada pembicaraan dengan pemerintah mengenai potensi pendanaan ibu kota baru. Walaupun demikian, pihaknya menyambut baik rencana tersebut.

"Teman-teman dari AIIB sih menyambut baik rencana tersebut. Artinya kalau memang nantinya mengajukan agar AIIB men-support kita akan pertimbangkan dengan kriteria yang sudah disebutkan," jelas dia.

AIIB merupakan lembaga keuangan multilateral yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat sosial dan ekonolmi negara-negara di kawasan Asia dan sekitarnya. AIIB baru mulai beroperasi pada tahu 2016 lalu, dan saat ini telah menyalurkan pendanaan hingga 8,53 miliar dollar AS dengan 46 proyek yang telah disetujui.


Beberapa tema prioritas yang menjadi kriteria dari pendanaan AIIB merupakan infrastruktur yang berkelanjutan, mendukung konektivitas antar negara, juga memobilisasi modal swasta.

Adapun pemerintah dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur ibu kota baru diperkiraan membutuhkan pendanaan hingga Rp 466 triliun. Kebutuhan tersebut sebagian besar bakal didapatkan melalui Kerja Sama Badan Usaha (KPBU).

"Jadi itu adalah tantangan yang besar. Tapi ya why not? Butuh ada komitmen untuk itu dan mestinya all out," jelas Luky.

https://money.kompas.com/read/2019/08/29/153900626/aiib-siap-danai-pembangunan-ibu-kota-baru-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke