Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perluas Pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga, PGN Gandeng PT PP

KOMPAS.com – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai subholding gas akan terus memperluas pemanfaatan gas bumi. Salah satunya dengan pembangunan jaringan gas bumi (jargas) rumah tangga.

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso menjelaskan, langkah tersebut merupakan upaya mendukung program pemerintah dalam mewujudkan bauran energi gas bumi hingga 22 persen di tahun 2025.

“Ke depan PGN akan terus mengambil peran di depan dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan target pembangunan jargas untuk rumah tangga hingga 4,7 juta sambungan pada 2025,” ucap Gigih.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (1/10/2019), Gigih menjelaskan, saat ini PGN telah menyalurkan gas bumi kepada 177.710 pelanggan rumah tangga di seluruh Indonesia melalui jargas rumah tangga.

Adapun pelanggan gas bumi PGN tersebar di berbagai wilayah, seperti Jawa Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong, Papua Barat.

500.000 jaringan gas baru

Untuk semakin memperluas bauran jargas rumah tangga, PGN dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) menandatangani Pokok-pokok Perjanjian (Heads of Agreement) tentang kerja sama pembangunan 500.000 jargas rumah tangga.

Gigih menjelaskan, melalui program sinergi BUMN membangun negeri, pembangunan jargas itu akan dilakukan dalam dua fase. Fase pertama sebanyak 50.000 sambungan rumah tangga (SR). Kemudian fase kedua 450.000 SR.

“Penandatanganan kerja sama ini menjadi momentum bagi PGN dan PTPP, yang memiliki rekam jejak panjang di industri infrastruktur, untuk terlibat lebih jauh memperkuat peran BUMN dalam mendorong percepatan pembangunan dan penguatan ekonomi nasional,” ucapnya.

Kerja sama itu, imbuhnya, sekaligus menjadi wujud komitmen PGN, sebagai pionir pemanfaatan gas, guna mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kemandirian energi. Caranya melalui optimalisasi pemanfaatan gas bumi di dalam negeri.

Untuk diketahui, penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan Direktur Utama PGN Gigih Prakoso dan Direktur Utama Perseroan PT PP Lukman Hidayat, di Jakarta, Senin (30/9/2019).

Sementara itu, Lukman Hidayat berharap, kerja sama ini dapat memberikan manfaat maksimal untuk masyarakat di Indonesia.

Lukman pun menilai, kerja sama tersebut akan menciptakan sinergi usaha (business to business) sesama BUMN dengan prinsip saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

“Kerja sama ini akan memperhatikan ketentuan perundang-undangan berlaku dan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance)," jelas Lukman.

https://money.kompas.com/read/2019/10/01/105946326/perluas-pembangunan-jaringan-gas-rumah-tangga-pgn-gandeng-pt-pp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke