Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Genjot Volume Dagang, Ini 5 Komoditas Ekspor Andalan Indonesia ke AS

Untuk bisa mencapai target tersebut, pemerintah Indonesia pun telah menentukan beberapa komoditas utama yang bakal menjadi andalah ekspor Indonesia ke Amerika Serikat.

"Kedua belah pihak sepakat meningkatkan perdagangan kedua negara jadi 60 miliar dollar AS dan sudah ada beberapa produk yang kami tentukan, kami sebutnya five seven five," ujar Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Kementerian Perdagangan Arlinda ketika ditemui di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Arlinda menjelaskan, five seven five yakni 5 produk utama yang akan kembali ditingkatkan volume ekspornya, 7 produk potensial untuk ditingkatkan ekspor, dan 5 lainnya merupakan produk strategis yang volume ekspornya masih kecil ke Amerika Serikat.

Untuk lima produk ekspor andalan Indonesia ke Amerika Serikat yang bakal ditingkatkan kembali kontribusinya adalah produk pakaian, hasil karet, alas kaki, produk elektronik dan furnitur.

Dia mengatakan, saat ini perdagangan Indonesia surplus di kisaran 30 miliar dollar AS terhadap Amerika Serikat.

Dengan ditingkatkannya volume perdagangan Indonesia terhadap AS dua kali lipat, maka surplus perdagangan RI terhadap AS diharapkan akan berlipat ganda.

"Sebenarnya kita surplus juga sama mereka (Amerika Serikat), kalau sekarang kita (surplus) 30 miliar dollar AS. Kalau misal kita bisa double artinya bisa tingkatkan menjadi 60 miliar dollar AS. Itu kemarin waktu Wilbur Ross (Mendag AS) ke sini sudah diungkapkan," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2019/11/21/151914126/genjot-volume-dagang-ini-5-komoditas-ekspor-andalan-indonesia-ke-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke