Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dalam 10 Bulan, Pengguna LinkAja Capai 40 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah 10 bulan berdiri sejak Februari 2019, PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) alias LinkAja telah memiliki pengguna terdaftar sebanyak 40 juta orang.

Direktur Utama LinkAja Danu Wicaksana mengatakan, pertumbuhan pengguna ini terus meningkat terbukti dari jumlah pengguna aktif sebesar 5,1 kali lipat setiap bulan sejak Februari-November 2019.

"Dari Februari hingga akhir November, pengguna aktif ada pertumbuhan sekitar 5,1 kali. Definisi active user di sini adalah orang yang membuka aplikasi dan melakukan transaksi minimal 1 kali per bulan," kata Danu Wicaksana di Jakarta, Selasa, (17/12/2019).

Seiring dengan pertumbuhan pengguna, transaksi pun berkembang pesat sebesar 4,7 kali lipat. Sementara perkembangan nilai rupiah alias GTV telah mengalami pertumbuhan 4,8 kali.

Danu menuturkan, perkembangan tersebut tak lepas dari penetrasi LinkAja di berbagai klaster.

Saat ini, LinkAja telah tersedia di 250.000 merchant online, 380 e-commerce, dan 2.500 SPBU. Bahkan ke depan, LinkAja menyasar seluruh SPBU Pertamina.

Tak hanya itu, penetrasi LinkAja juga telah berada di beragam moda transportasi. Sebut saja beberapa maskapai penerbangan, Gojek, MRT, Commuter Line, taksi, dan sebagainya.

"Sehingga ini memudahkan. Satu wallet (dompet) untuk layanan transportasi. Jadi pertumbuhan terus bertingkat juga karena kita banyak masuk di pelayanan finansial," ucap Danu.

Ke depan, Danu memaparkan LinkAja bakal terus fokus menyasar masyarakat unbankable dengan membuka akses cash-in, membuka akses transportasi, ritel, pasar tradisional, dan membantu program pemerintah.

"Fokus 2020 tetap segmen underbank dengan memperbanyak titik cash-in, mengembangkan ekosistem lokal dari 10 klaster menjadi 35 klaster, dan mendukung pemerintah dalam penyaluran bansos serta kredit ultra mikro," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2019/12/17/155337526/dalam-10-bulan-pengguna-linkaja-capai-40-juta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke