Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

JICA Siap Bantu Pemerintah Danai Proyek MRT di Beberapa Kota

Sebagaimana diketahui, pemerintah berencana membangun MRT sebagai opsi tambahan angkutan umum di beberapa kota.

Kepala Perwakilan Kantor JICA Indonesia Shinichi Yamanaka mengaku siap memberikan pendanaan terhadap proyek pembangunan MRT di beberapa kota.

"Jika kita mendapatkan permintaan dari pemerintah Indonesia, kita siap untuk mempertimbangkan untuk bekerja sama di kota lain," ujarnya, di Stasiun ASEAN, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Kesiapan ini disampaikan oleh Shinichi setelah melihat keberhasilan pembangunan MRT fase I dan pembangunan MRT fase II yang berjalan dengan cepat.

"Kami siap karena kesuksesan MRT di Jakarta," kata dia.

JICA sendiri menjadi sumber tunggal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengembangkan MRT. Pada pembangunan MRT fase pertama JICA mengucurkan pinjaman sebesar Rp 14,2 triliun dengan total jangka waktu pinjaman selama 40 tahun.

Kemudian JICA kembali membiayai DKI Jakarta untuk membangun MRT fase II yang memakan biaya Rp 22,5 triliun.

Keberhasilan operasional MRT Jakarta mendorong pemerintah untuk melakukan hal serupa di beberapa kota besar. Salah satunya di calon ibu kota baru, Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Bukan hanya pemerintah pusat, beberapa kota lain juga berencana untuk menyiapkan MRT. Salah satunya di Surabaya, yang telah menyelesaikan proses kajian sejak tahun lalu.

https://money.kompas.com/read/2020/01/10/191700626/jica-siap-bantu-pemerintah-danai-proyek-mrt-di-beberapa-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke