Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos Bank Mega: Akibat Corona, Ekonomi Global Bisa Tumbuh di Bawah 2,8 Persen

Ia menyebutkan pertumbuhan ekonomi dunia turun cukup besar dari 3,6 persen menjadi 2,9 persen dipengaruhi oleh tantangan global selama 2019, terutama masalah proteksionisme dan geopolitik perang dagang AS-China, Brexit dan demo di Hongkong.

"Informasi isu terkahir yang dihadapi masyarakat dunia tahun 2020 ini adalah isu corona. Isu ini tentunya memenuhi semua media termasuk media sosial sehingga membuat masyarakat panik dan takut," ujarnya dalam Public Expo Bank Mega 2019 di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Kostaman juga mengatakan dampak dari virus corona ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global 2020.

Ia memperkirakan ekonomi global yang semula diprediksi tumbuh 3,3 persen, kini berpotensi turun menjadi 2,8 persen.

Ia juga berpendapat apabila corona merebak ke 77 negara maka pertumbuhan ekonomi global bisa saja turun di bawah 2,8 persen.

"Apabila Corona berkembang semakin lama dan merebak ke 77 negara seperti Korea Selatan, Iran, Italia, Jepang dan banyak lainnya bukan mustahil pertumbuhan ekonomi dunia bisa lebih rendah lagi dari 2,8 persen dan perekonomian Indonesia juga turun menjadi 5,02 persen," jelasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/03/05/151500526/bos-bank-mega--akibat-corona-ekonomi-global-bisa-tumbuh-di-bawah-2-8-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke