Salin Artikel

Hollywood Cuma Punya 6 Orang Miliarder, Siapa Saja Mereka?

NEW YORK, KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan, para selebriti di jagat hiburan Hollywood bergelimang harta. Namun, ternyata cuma sedikit dari mereka yang menyandang gelar miliarder.

Dilansir dari Business Insider, Selasa (12/5/2020), tercatat hanya ada 6 orang miliarder yang dimiliki Hollywood.

Akan tetapi, kekayaan yang mereka miliki tak semata-semata karena mereka sukses besar di industri hiburan.

Namun, mereka memanfaatkan kesuksesan mereka untuk berinvestasi dan akhirnya memperoleh pendapatan lebih tinggi dari gaji mereka.

Nah, siapa saja miliarder yang dimiliki Hollywood? Berikut ulasannya.

Rapper Kanye West baru-baru ini dinobatkan sebagai miliarder. Ia memang meraup banyak uang dari penjualan album-albumnya, namun menurut Forbes, brand mode Yeezy yang didirikannya justru menjadi motor kekayaan West.

Forbes mengestimasikan kekayaan suami Kim Kardashian ini mencapai 1,3 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 19,3 triliun (kurs Rp 14.918 per dollar AS). Akan tetapi, West mengklaim kekayaannya mencapai 3,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 49,1 triliun.


Menurut Forbes, kekayaan West terbagi antara kepemilikan saham di Yeezy senilai 1,26 miliar dollar AS, uang tunai 17 juta dollar AS, saham 35 juta dollar AS, dan properti 21 juta dollar AS.

Kemudian, kendaraan senilai 3,8 juta dollar AS, ternak senilai 297.050 dollar AS, serta utang 53 juta dollar AS bersama sang istri.

Pada Maret 2019, Forbes menobatkan Jenner sebagai miliarder termuda, yakni usia 21 tahun. Sebagian besar kekayaan ibu satu anak ini berasal dari perusahaan kosmetiknya, Kylie Cosmetics.

Valuasi Kylie Cosmetics mencapai 1,2 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 17,8 triliun setelah diakuisisi mayoritas sahamnya oleh Coty Inc.


3. Jay Z

Jay Z merupakan rapper pertama di dunia yang menyandang gelar miliarder. Kekayaan suami penyanyi Beyonce ini mencapai 1 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 14,9 triliun.

Forbes mewartakan, sebagian besar kekayaannya berasal dari bisnisnya. Ia mendirikan brand mode yang dijual seharga 204 juta dollar AS pada tahun 2007.

Tak hanya itu, Jay Z juga merupakan pemilik perusahaan produsen minuman beralkohol D'Usse dan layanan streaming musik Tidal.

Jay Z membeli saham Tidal senilai 56 juta dollar AS. Namun, saat ini nilai kepemilikan sahamnya sudah mencapai 100 juta dollar AS.

Jay Z juga memiliki koleksi benda seni senilai 70 juta dollar AS, saham di perusahaan penyedia aplikasi transportasi online Uber senilai 70 juta dollar AS, serta properti senilai 50 juta dollar AS.

4. Oprah Winfrey

Pembawa acara Oprah Winfrey sukses 25 tahun memandu acara The Oprah Winfrey Show. Dari porsi laba yang diperolehnya dari acara itu, Winfrey berinvestasi yang nilainya saat ini mencapai 2 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 29,8 triliun.

Adapun Los Angeles Times mewartakan, Winfrey menjadi miliarder pada tahun 2003.

Winfrey memanfaatkan kesuksesan acara yang dipandunya untuk membangun perusahaan media dan dalam perjalanannya mengumpulkan kekayaan sebesar 2,6 miliar dollar AS atau sekira Rp 38,7 triliun.

Ia memiliki 25,5 persen saham jaringan kanal televisi OWN yang didirikannya, 8 persen saham di WW International, dan memiliki kesepakatan kerja sama penciptaan konten dengan Apple TV+.

Sutradara kenamaan Steven Spielberg memiliki kekayaan 3,6 miliar dollar AS atau kira-kira Rp 53,6 triliun berdasarkan estimasi Forbes.

Kesuksesan film-film box office garapannya, seperti Jaws, E.T. the Extra-Terrestrial, dan Jurassic Park membuat Spielberg menjadi sutradara dengan penghasilan tertinggi sepanjang masa.

Forbes mewartakan, sebagian besar kekayaan Spielberg berasal dari film-filmnya. Namun, ia juga memperoleh penghasilan dari pekerjaannya sebagai konsultan di taman hiburan Universal dan penjualan DreamWorks Animation ke NBC Universal pada 2016.

Spielberg mendirikan DreamWorks Pictures bersama Jeffrey Katzenberg dan David Geffen.

Lucas adalah sosok di balik seri film paling terkenal sepanjang masa, Star Wars. Kekayaannya dilaporkan Forbes mencapai 5,2 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 77,5 triliun.

Akan tetapi, Bloomberg Billionaires Index memperkirakan kekayaan Lucas lebih tinggi, yakni 6,76 miliar dollar AS atau sekitar Rp 100,8 triliun.

Sebagian besar kekayaannya berasal dari penjualan studio produksi filmnya, Lucasfilm, ke Disney senilai 4,05 miliar dollar AS dalam bentuk uang tunai dan saham.

Selain Star Wars, Lucas juga merupakan produser eksekutif film The Land Before Time.

https://money.kompas.com/read/2020/05/13/160725226/hollywood-cuma-punya-6-orang-miliarder-siapa-saja-mereka

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.