Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengusaha AS Desak Trump Realisasi Perjanjian Dagang dengan China

Asosiasi berencana meningkatkan pembelian barang dan jasa AS di China. Hal itu tertuang dalam sepucuk surat yang dilayangkan kepada Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, perwakilan perdagangan AS Robert Lighthizer, dan Wakil Perdana Menteri China Liu He.

"Di tengah meningkatnya ketegangan bilateral, bekerja sama untuk meningkatkan perdagangan dan menumbuhkan perdagangan dapat memberikan manfaat penting bagi kedua negara dan membantu meningkatkan hubungan," tulis mereka di dalam surat, mengutip Reuters, Selasa (7/7/2020).

Asosiasi yakin, implementasi kesepakatan perdagangan fase I AS-China mampu membuat usaha bertahan di tengah pandemi Covid-19 dan memulihkan pertumbuhan ekonomi lebih cepat.

Perjanjian perdagangan yang dibuat tersebut bahkan membantu meredakan ketegangan perang dagang antara AS dengan China yang telah berlangsung selama hampir 18 bulan.

Tak hanya itu, mereka juga beralasan percepatan implementasi perjanjian dagang fase I akan membuka jalan untuk bernegoisasi dalam perjanjian perdagangan fase II.

"Hal itu akan membantu kedua negara sambil membuka jalan bagi pembicaraan Fase 2 tentang isu-isu utama lainnya, seperti subsidi, keamanan siber dan perdagangan digital," sebut asosiasi.

Sebagai informasi, ketegangan AS-China kembali panas sejak beberapa bulan terakhir saat pandemi Covid-19 merajalela.

Presiden AS Donald Trump bahkan mengatakan, memisahkan kedua ekonomi negara tetap menjadi pilihan utamanya.

Penasihat Gedung Putih Peter Navarro pun sempat menuturkan perjanjian fase I AS-China telah berakhir. Sontak pernyataan itu mengguncang pasar.

https://money.kompas.com/read/2020/07/07/063800026/pengusaha-as-desak-trump-realisasi-perjanjian-dagang-dengan-china

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke