Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mentan: Bisnis Pertanian Paling Menjanjikan di Tengah Pandemi

Sekalipun penutupan wilayah terjadi di sejumlah daerah bahkan negara, namun seluruh penduduknya tetap membutuhkan pangan.

"Saat Covid seperti ini, sampai dua tahun ke depan, menurut saya bisnis yang paling menjanjikan hanya pertanian, binis lainnya belum tentu," ujar dia dalam webinar BNI: Percepatan Sektor Ekonomi Pemenang Fase New Normal, Rabu (8/7/2020).

Selain sebagai kebutuhan pokok, kata dia, pangan juga menjadi penting bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi guna menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi.

Oleh sebab itu, permintaan terhadap produk pertanian dinilai akan terus meningkat, terlebih ketika vaksin atau obat khusus Covid-19 belum ditemukan.

"Salah satu yang tetap eksis dan dibutuhkan dalam situasi sekrisis apapun adalah makanan. Oleh karena itu pertanian menjadi sangat penting," kata Syahrul.

Ia mencontohkan, ketika sebagian besar orang saat ini menghabiskan waktunya dengan di rumah saja, banyak diantaranya memilih untuk bercocok tanam kecil-kecilan. Ternyata ini memberikan keuntungan tersendiri ketika mereka berhasil menjual ke lingkungan sekitar.

"Bahkan mereka bisa mendapatkan Rp 500.000-Rp 700.000 per bulan, padahal ini hanya tanaman biasa (di sekitar rumah)," kata dia,

Oleh karena itu, bila bisnis pertanian digarap lebih serius dengan cakupan lahan yang luas, tentu akan memberikan keuntungan yang sangat besar dan mendukung perekonomian.


Menurutnya, peluang tersebut perlu dimanfaatkan oleh banyak generasi milenial saat ini, mengingat sumber daya alam Indonesia yang berlimpah.

Di sisi lain, bank juga diminta untuk bisa masuk mendukung bisnis di sektor pertanian dengan memberikan kemudahan akses pembiayaan.

"Silakan milenial muda, sinar matahari dan air di sekitar kita cukup bisa dimanfaakan buat bertani dan hasilnya juga cukup luar biasa," ujar Syahrul.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kementan Gatot Irianto menambahkan, pertanian menjadi salah satu sektor yang tumbuh di tengah pandemi Covid-19, di samping pelemahan yang terjadi pada sektor pariwisata, properti, dan industri.

Pada kuartal I-2020 tercatat sektor pertanian tumbuh 9,46 persen. Demikian pula dengan penjualan online produk pangan yang naik 24,89 persen selama kuartal I-2020.

"Jadi selalu setiap krisis, pertanian jadi pemenang, ketika di sektor lain terpuruk," kata Gatot.

https://money.kompas.com/read/2020/07/08/123200726/mentan--bisnis-pertanian-paling-menjanjikan-di-tengah-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke