Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Kunci yang Harus Dilakukan Koperasi agar Bisa Menghadapi Revolusi 4.0

Dia menuturkan, Indonesia akan menerapkan konsep revolusi industri 4.0 secara besar-besaran di tahun 2030 melalui program Making Indonesia 4.0.

"Revolusi 4.0 ini tentu akan berdampak pada koperasi dan dengan adanya revolusi 4.0 ini akan menjadi tantangan bagi koperasi di era digital. Untuk itu perlu bagi kita menyiapkan strategi agar koperasi bisa bertahan," ujarnya dalam diskusi virtual, Senin (20/7/2020).

Teten juga mengatakan kunci agar koperasi bisa menghadapi revolusi industri 4.0 adalah dengan membuat fokus pengembangan bisnis yang mengarah kepada anggota koperasi.

Dengan begitu, kata dia, anggota koperasi bisa menjadi layanan prioritas yang harus dijaga kebutuhannya oleh koperasi.

Selain itu, melakukan modernisasi manajemen koperasi juga perlu dilakukan. Apalagi, menurut dia, modernisasi sangat luas untuk melakukan perubahan-perubahan strategi.

"Memang modernisasi ini bisa sangat luas, dengan melakukan perubahan-perubahan strategi dan pola model bisnis yang berbasis teknologi informasi serta ilmu pengetahuan (sains) bisa kita dorong untuk dilakukan," katanya.

Ia pun juga juga meminta koperasi untuk melakukan berbagai kolaborasi agar bisa saling bersinergi. Menurutnya bersinergi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh koperasi agar bisa bertahan.

https://money.kompas.com/read/2020/07/20/203200026/ini-kunci-yang-harus-dilakukan-koperasi-agar-bisa-menghadapi-revolusi-4.0

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke