Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Menguat ke Rp 14.622 Per Dollar AS Pagi Ini

Mengutip data Bloomberg pukul 09.18 WIB rupiah berada pada level Rp 14.622 per dollar AS atau menguat tajam 118 poin (0,8 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.740 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah yang terjadi, karena sentimen positif yang datang dari kesepakatan stimulus Uni Eropa senilai 750 miliar euro.

“Tekanan mungkin bisa tertahan dengan sentimen positif ini, yang mengangkat harga aset-aset berisiko termasuk rupiah,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston menilai, kesepakatan ini bisa membantu pemulihan ekonomi. Belum lagi, stimulus yang memberikan likuiditas di pasar keuangan akan mendorong para pelaku pasar untuk berinvestasi pada aset berisiko yang menawarkan yield lebih tinggi.

Walau demikian, rupiah masih berpotensi melemah dengan sentimen negatif dari pernyataan presiden AS Donald Trump pagi ini terkait dengan krisis akibat pandemi Covid-19 yang semakin memburuk di AS.

“Kekhawatiran (penyebaran) virus Covid-19 yang terus meningkat di dunia juga masih menjadi penekan aset berisiko termasuk rupiah,” kata dia.

Ariston memproyeksikan rupiah akan bergerak pada kisaran Rp 14.850 per dollar AS sampai dengan Rp 14.650 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2020/07/22/094651426/rupiah-menguat-ke-rp-14622-per-dollar-as-pagi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke