Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Belanja Diskon, Menko Airlangga Ajak Masyarakat Borong Produk UMKM

"Belanjalah produk-produk Indonesia, belanjalah hasil karya UMKM Indonesia, karena dengan berbelanja anda ikut berkonstribusi untuk pemulihan ekonomi Indonesia," ungkap Airlangga dalam acara peresmian Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2020, Jumat (14/8/2020).

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 telah memukul sebagian besar pelaku usaha dalam negeri, tak terkecuali pelaku UMKM. Sektor UMKM terimbas baik dari sisi pasokan dan permintaan produk, sehingga menyulitkan produksi maupun penjualan.

"Beberapa sektor yang jadi unggulan dan digeluti UMKM yakni ritel dan resto, biasanya jadi bisnis pemula atau bisnis awal dari anak-anak muda, saat ini juga terdampak pandemi," ungkapnya.

Oleh sebab itu, pemerintah berupaya untuk membangkitkan lagi perekonomian dalam negeri dengan menganggarkan stimulus bagi sektor UMKM sebesar Rp 123,46 triliun.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan tunai langsung (BLT) sebesar Rp 2,4 juta bagi karyawan dengan gaji dibawah Rp 5 juta per bulan, tujuannya untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

"Program subsisi pendapatan ini untuk tingkatkan daya beli dan terciptanya permintaan pada produk UMKM," kata Airlangga.

Di sisi lain, Airlangga mengapresiasi kegatan HBDI yang diselenggarakan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dengan melibatkan 300 brand offline dan marketplace. Sebab, kegiatan ini dinilai dapat mendorong peningkatan konsumsi masyarakat sehingga ekonomi dapat kembali pulih.

"Program hari belanja diskon Indonesia ini diharapkan bisa berkontribusi untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia melalui konsumsi," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/08/14/200449326/hari-belanja-diskon-menko-airlangga-ajak-masyarakat-borong-produk-umkm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke