Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Tips Mengembangkan Bisnis untuk Menggaet Pasar di Perdesaan

Padahal menurut Aktivis Brand Lokal & Founder Brand Adventure Indonesia Arto Biantoro, letak permasalahannya bukan di akses jaringan, melainkan pada segmentasi yang disasar.

"Banyak yang berfikir buka usaha di desa itu sulit karena tidak ada internet. Padahal, masalahnya tidak disitu tetapi di segmentasi yang disasar apa, serta memahami yang dibutuhkan pasar, berdasarkan pengamatan di daerah atau di desa tersebut," ujarnya saat diskusi virtual yang bertemakan Pentingkah Membangun Merek Bagi UMKM yang diselenggarakan PasangIklan.com, Brand Adventure Indonesia bersama Kompas.com, Kompas TV dan KG Media, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya, apabila pengusaha memang ingin mengembangkan usahanya dengan serius, disarankan tidak meniru yang dilakukan banyak orang. Sebaliknya, harus memiliki tujuan sendiri, mau dibawa kemana usaha yang sedang dijalankan.

Saat ini, kata dia, banyak sekali masyarakat yang beralih ke market digital hanya untuk ikut-ikutan saja tanpa mengetahui tujuan jelasnya. Hal ini pun memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi jika tidak memiliki tujuan dan arah yang jelas.

Arto bilang sebenarnya konsep market digital atau platform e-commerce hanya membantu menghubungkan pembeli dengan penjual. Oleh karena itu, jika pasarnya berada di desa yang tidak ada akses internet, melakukan perluasan pasar menggunakan digital tidak terlalu penting.

"Tidak selalu berjualan di media sosial Instagram atau e-commerce bisa membantu, simpelnya target pasarnya itu hanya sebatas membeli di tetangga. Apalagi kalau yang berjualan di digital tidak tahu targetnya apa, konsepnya apa, akan sia-sia dia jika meluncur ke ranah digital," ucapnya.

Arto juga menyarankan bagi pengusaha yang ingin mengembangkan pasar di desa, harus didorong dengan adanya kreativitas. Namun kreativitas ituharus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang ada di desa.

https://money.kompas.com/read/2020/09/08/184100926/ini-tips-mengembangkan-bisnis-untuk-menggaet-pasar-di-perdesaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke